oleh

KUPP Murhum Periksa Kelayakan Puluhan Kapal

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pemeriksaan kelayakan atau ram check puluhan kapal angkutan lebaran yang beroperasi di Pelabuhan Murhum.

Pelaksana Harian (Plh) Kasi Kesyahbandaran UPP Baubau, Benaya Samri Yostavia mengungkapkan dari total 38 kapal yang diperiksa kelayakannya pihaknya belum menemukan kapal yang dinyatakan tidak layak.

Ia mengatakan salah satu yang diperiksa kelayakannya adalah pelampung atau life jacket. Bila ditemukan pelampung yang tidak layak lagi pihaknya akan merekomendasikan untuk diganti.

“Hingga saat ini (Setelah di ram check) belum ada yang sifatnya mayor. Masih minor semua. Kita tetap lakukan ram check walau ada larangan mudik 6-17 Mei mendatang,” ucap Benaya Samri Yostavia dalam keterangannya Rabu, 21 April 2021.

Ia menjelaskan meski terbilang rancu karena adanya larangan mudik pihaknya tetap melakukan pemeriksaan kelayakan terhadap 38 armada angkutan lebaran tersebut dengan berpedoman pada instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebab, menurutnya, sejauh ini instruksi Kemenhub itu belum dibatalkan.

“Instruksi akan pemeriksaan itu belum dicabut makanya kita tetap laksanakan perintah,” ujarnya.

Terkini