La Ode Ida Tuntut Kapolri dan Kapolda Sultra Dicopot

Reporter: Rahmat R
Editor: La Ode Adnan Irham

JAKARTA – Mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dicopot dari jabatannya. Permintaan itu buntut dari tindakan aparat yang menurutnya brutal saat mengamankan unjuk rasa di Kota Kendari, Kamis (26/09/2019) hingga membuat satu mahasiswa dari Universitas Halu Oleo (UHO) meninggal dunia.

“Mahasiswa itu dipastikan terkena timah panas yang keluar dari moncong senapan sang oknum polisi,” kata La Ode Ida dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (26/09/2019) yang diterima Mediakendari.com.

Laode juga menjelaskan, peristiwa serupa pernah terjadi dalam peristiwa demo 21 dan 22 Juni 2019 lalu. Sejumlah nyawa melayang akibat terkena peluru tajam. Ia beranggapan hal itu tak lepas dari tiadanya sanksi signifikan terhadap pimpinan instansi pelaku.

iklan KAPOLDA MASKER

“Oleh karena itu saya berharap bersikap tegas beri sanksi pada pimpinan Polri yang terus saja merasa nyaman terhadap korban jiwa manusia akibat tindakan brutal aparatnya,” katanya.

BACA JUGA:

“Pertama, copot Kapolri dan Wakapolri. Kedua, copot Kapolda Sultra dan Kapolda-Kapolda lain yang tindakannya begitu brutal tak manusiawi. Ketiga, gantikan pimpinan Polri yang layak Pimpin Polri di era demokrasi,” tegasnya lagi.

Keempat lanjut La Ode Ida, evaluasi tugas dan kewenangan polri yang sudah terlalu berlebihan dan cenderung tak profesional. Kelima, wujudkan tanggung jawab kemanusiaan terhadap keluarga korban kekerasan polisi. Terakhir, meminta Presiden Jokowi mendengar tuntutan mahasiswa dan masyarakat luas untuk tidak memaksakan lahirnya kebijakan yang bertentangan dengan aspirasi masyarakat. (A)

iklan KAPOLDA HARI KESEHATAN DAN BIDAN

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI