Lagi, Moramo Digoyang Gempa

KENDARI – Terjadi Gempa Bumi tektonik mengguncang di Wilayah Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Hari Jumat Tanggal 29 Juni 2018.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si mengatakan, berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 05:11:35 WITA dengan kekuatan M=2,1 dengan episenter pada koordinat 4,19 LS – 122,63 BT sekitar 25,4 Km Tenggara Kendari (Moramo, red), pada kedalaman 10 Km.

“Laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa getaran dirasakan di Wilayah Moramo dalam skala intensitas II SIG BMKG  (II – III MMI),” ucapnya melalui rilis WhatsApp BMKG, Jumat (29/06/2018).

Lanjutnya, terkait dengan peristiwa gempa bumi di Wilayah Tenggara Kendari ini tidak adanya kerusakan.

“Saya belum dapat laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” lanjutnya.

Rosa menambahkan bahwa, tidak terjadi gempa susulan hingga pada pukul 09:30 WITA.

Sambungnya, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Wilayah Moramo.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tutupnya.


Reporter : Hendrik B
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total