oleh

Lahirkan SDM Unggul, Wali Kota Baubau Dukung Penerapan 4K Ditingkat SD

-NEWS-316 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse, mendukung penerapan kreativitas, sikap kritis, komunikatif dan kolaboratif (4K) pada diri anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Menurutnya, bila dunia pendidikan menerapkan 4K kepada siswa-siswi, hal itu bakal membangkitkan potensi tertidur yang dimiliki oleh anak.

Ia menilai, 4K dapat diwujudkan salah satunya melalui kegiatan ekstra kurikuler, yang merupakan intervensi yang terbaik untuk membangkitkan potensi dan memacu tumbuh kembang anak. Dengan demikian, anak-anak yang belajar di bangku SD dapat berkreasi dan tidak hanya terpaku pada kurikulum yang sudah tertulis.

Baca Juga : Kasus Aborsi Perempuan di Kendari Libatkan 6 Pelaku, 2 Bidan Ikut Terseret 

“Anak-anak kita inilah yang nantinya akan menjadi penerus masa depan bangsa ini. Makanya saya katakan ini sangat penting karena kegiatan ini benar-benar akan memperkuat peran pendidikan, untuk lebih mendewasakan anak-anak kita dan lebih membangkitkan kepercayaan diri mereka,” ungkapnya, Senin (3/10/2022).

Monianse mengatakan, bila 4K telah tertanam dalam diri anak-anak. Sehingga kedepan, potensi munculnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul semakin besar.

“Saya sangat setuju jika di sekolah-sekolah dilaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat membangkitkan 4K siswa. Pasalnya, jika 4K pada diri anak tersebut dapat tumbuh, maka dapat dipastikan anak-anak tersebut akan tumbuh dengan kokoh dan memiliki masa depan yang lebih baik,” terangnya.

 

Penulis : Ardilan