Lanal Kendari Lakukan Rapid Test Penumpang dan ABK Kapal Feri

Reporter: Muh. Ardiansyah R.

KENDARI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari kembali melakukan rapid test massal untuk seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal Feri Kendari – Wawonii.

Rapid tes dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Kendari maupun ke daerah tujuan penumpang dari Kota Kendari.

Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengatakan, rapid tes dilakukan kepada petugas kapal laut dan penumpang yang tiba di Kota Kendari maupun yang berangkat menuju Kabupaten Kepulauan (Konkep).

Rapid tes dilakukan sesuan imbauan Gugus tugas Covid-19 Sultra dengan alat yang disiapkan sebanyak 300 unit alat repid tes.

“Ketika ada yang reaktif, akan dilaksanakan langsung dengan tes swab dan sudah disiapkan peralatannya dari Dinas Kesehatan Kota Kendari,” ucapnya. Rabu, 3 Juni 2020.

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia juga menuturkan rapid tes ini merupakan agenda lanjutan atas agenda yang sama yang telah digelar sebelumnya di Pelabuhan Bungkutoko.

Proses rapid tes dilakukan tim dari Balai Kesehatan Lanal dibantu Tim Kesehatan KKP dan Dinkes Provinsi dengan dukungan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk memeriksa satu persatu dari para penumpang.

“Menyasar seluruh penumpang yang hendak berangkat dan yang baru datang, dan juga anak buah kapal (ABK), Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), hingga para pedagang di pelabuhan ini,” pungkasnya..

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total