KONAWE SELATAN

Lantik 13 Kades Terpilih, Bupati Konsel Ingatkan Soal Pengelolaan DD

200
×

Lantik 13 Kades Terpilih, Bupati Konsel Ingatkan Soal Pengelolaan DD

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga ST.MM,.saat melantik 13 Kades terpilih.

Reporter:Erlin

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga melantik 13 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kades Serentak (Pilkades) yang digelar 24 Desember 2019 lalu.

Dalam pelantikan di Auditorium Lantai III Kantor Bupat Konsel, Jum’at 28 Februari 2020, Surunuddin mengingatkan para kades yang baru dilantik untuk mengelola dana desa (DD) yang efektif dan efisien.

“Para Kades agar mengelola DD berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tepat sasaran demi peningkatan kesejehateraan rakyat dan kemajuan desa,” kata Surunudin.

Dijelaskannya, kades harus menjaga statement dan wajib bertindak berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku, dan menjadikan kinerja sebagai prestasi yang dapat di banggakan.

“Para Kades merupakan aparat pemerintah terdepan dalam mengemban dan mewujudkan setiap program kerja pemerintah. Kades harus mengetahui kondisi masyarakat nya, dan potensi desanya untuk dikembangkan,” ujarnya.

Surunudin juga mengungkapkan, pelantikan ini merupakan rangkaian Pilkades serentak tahun 2019 yang diikuti 128 Desa.  Diungkapkanya juga penilaian Korsupgah KPK, pelaksanaan pemerintahan d diatas 80 persen.

“Namun pengelolaan DD masih dibawah angka tersebut, untuk itu pengelolaan DD wajib menjadi perhatian untuk di kelola secara akuntabel dan transparan,” tegasnya.

Ia juga meminta Kades terpilih mempertahankan perangkat desa yang potensial, khususnya operator aplikasi Siskeudes, agar akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan meningkat.

“Terima Kasih dan apresiasi kepada para penyelenggaran Pilkades, khususnya tokoh masyarakat, unsur TNI – Polri yang membantu mengawal pelaksanaan Pilkades, sehingga terlaksana dengan lancar, aman dan kondusif,” tutupnya.

Ke-13 kades yang dilantik hari ini yakni: Thamsir (Kades Polo-Pololi,), Rokiman (Wonua Raya), Nasaruddin (Lerepako), Sarto (Potuho Jaya), Muhtar (Ranooha)

Untuk Kecamatan  Kolono, yakni Justamin (Kades Sawah), Arkas (Awonio), Jumrin (Tiraosu), Iman Akbar (Ulusena Jaya), dan Hasiani (Mata Iwoi). Untuk kecamatan Kolono Timur, Jumadil (Rumba-Rumba), La Ode Insan (Amolengu), Hayuddin (Kades Batu Putih).

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adriyanto dan sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel, tokoh masyarakat serta pemuda.

You cannot copy content of this page