oleh

Lebihi Kapasitas Lapas, Napi Perempuan dan Anak Bakal Dipindahkan di Nangananga

Reporter : Kardin

Editor : Indi

KENDARI – Lebihnya kapasitas ruangan Narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari membuat pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Tenggara bakal membangun Lapas baru untuk Napi perempuan dan anak di wilayah Nangananga Kota Kendari.

Seperti yang diungkapkan Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Abdul Samad bahwa rencana pembuatan Lapas baru di wilayah Nangananga di tahun 2019 ke depan, diakibatkan oleh over kapasitasnya ruangan para Napi yang ada di Lapas Kendari karena sebagian blok dihuni pula oleh Napi perempuan dan anak.

“Itu yang membuat kelebihan kapasitas, karena sebagian blok dipakai oleh Napi perempuan dan anak tentunya,” ujar Samad saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/12/2018).

Samad juga mengungkapkan, dari jumlah kapasitas blok dan ruangan Lapas Kelas IIA Kendari yang seharusnya memuat sebanyak 378 Napi, kini telah menampung sebanyak 551 Napi.

“Kondisi Lapas sekarang itu sudah sangat sesak, karena sudah hampir 100 persen over kapasitas,” terangnya.

Olehnya itu kata Samad, jika telah terbangun Lapas perempuan dan anak nantinya, maka secara otomatis blok yang sebelumnya dipakai itu akan diambil alih.

“Klau sudah terbangun Lapas perempuan dan anak, otomatis kita akan pakai kembali bloknya,” pungkasnya. (B)

Terkini