oleh

Lindungi Anak Dari Penyakit Campak, Pemda Konsel Gelar Kampanye Introduksi Imunisasi MR

PALANGGA – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Pemda Konsel) menggelar pencanangan kampanye dan introduksi imunisasi Measles Rubella (MR), dalam rangka membangun keluarga sehat dan bebas dari penyakit Campak dan Rubella.

Kegiatan yang di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Ir. H. Sjarif Sajang, M.Si di dampingi Kadis Kesehatan dr. Maharayu, M.Kes dan Kabag Humas Setda, Hermawan, S.Sos bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN 3) Palangga, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan kampanye yang rangkaikan dengan penyuntikkan Imunisasi campak dan rubella kepada 156 siswa/siswi pada semua tingkatan, mulai kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar tersebut oleh tenaga medis RSUD Kabupaten Konsel, yang juga di saksikan Kepala RSUD Dr. Boni Lambang Pramana, M.Kes serta Kasi Intel Kejaksaan Konsel, Ramadan SH.,MH.

Dimana, dalam sambutannya, Sekda Konsel, Sjarif Sajang mengatakan bahwa selama bulan Agustus-September 2018 Pemda Konsel akan memberikan perlindungan kepada anak-anak dari penyakit campak (sarampah dan rubella) dalam bentuk imunisasi, agar tidak ada lagi anak anak Konsel meninggal karena penyakit ini yang seharus dapat di cegah termasuk bayi bayi tunas bangsa dapat terhindar dari kebutaan, ketulian dan kerusakan otak yang di sebabkan penyakit rubella.

“Yang mana, sejak 1 Agustus 2018 siswa sekolah baik madrasah, pesantren, sekolah negeri maupun swasta se Konsel telah mendapatkan imunisasi, dan tercatat pertanggal 27 Agustus 2018 sudah mencapai 38.27%, dengan harapan tidak ada anak yang tidak lakukan imunisasi agar tidak menjadi penyebab rantai penularan penyakit tersebut di masa mendatang,” urai Sjarif.

“Tentunya, memutus rantai penyakit adalah pekerjaan besar yang perlu dukungan semua pihak, olehnya sudah saatnya kota bergerak bersama dengan tidak berfikir imunisasi hanya tugas Tim Kesehatan melainkan tugas kita semua dalam rangka melindungi hak anak kita agar dapat hidup sehat dan ceria,” tambahnya.

“Jadi, saya serukan kepada para orang tua, guru, camat, lurah dan para kades untuk memastikan anak usia 9-15 Tahun sudah imunisasi MR dengan target imunisasi mememuhi minimal angka 95%, agar komunitas dan masyarakat terlindungi, sehingga anak2 kita tumbuh cerdas, terampil dan dapat di banggakan,” pungkas Sjarif.

Sedangkan dalam laporannya, Kadis Kesehatan Konsel, dr. Maharayu menyampaikan bahwa sasaran kegiatan kampanye imunisasi MR untuk target yang diberikan oleh Kemenkes pada 24 puskesmas se Konsel yakni sebanyak 96.156 jiwa sedangkan realisasi pelaksanaan imunisasi kita sudah capai 106.579 jiwa atau capai 38, 27% dari target pusat 42,42% untuk batas akhir bulan Agustus 2018.

“Yang mana kampanye MR ini akan di lanjutkan pelaksanaannya pada bulan september dengan sasaran target pencapaian 95%, dan di bulan oktober beralih keimunisasi rutin yang di laksanakan setiap bulannya dengan sasaran usia 9-24 bulan,” tukasnya.

Perlu disampaikan juga, kata dr. Maharayu, bahwa capaian target imunisasi agak berat terealisasi karena adanya kendala yang di hadapi tim medis dilapangan di antaranya, pihak sekolah dan orang tua siswa yang menolak/menunda di imunisasi, dan siswa yang tidak hadir dan siswa yang dalam kondisi sakit tapi kami terus berupaya agar memberikan dampak terhadap perbaikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Konsel,” pungkas Maharayu.

Diketahui, pada kesempatan tersebut usai menyaksikan penyuntikan Vaksin, mewakili Bupati Konsel, Sekda, Sjarif Sajang menyerahkan bantuan kendaraan operasional dari Pemda kepada pihak RSUD berupa 2 (dua) Unit Mobil Ambulance yang diterima Pegawai Rumah Sakit tersebut, Silva mewakili pimpinannya.


Reporter : Erlin

Terkini