oleh

Loka POM Baubau Ajari Masyarakat Lapandewa Tentang Obat dan Makanan

Reporter : Basri

BATAUGA – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kota Baubau gelar penyuluhan dan penyebaran informasi obat dan makanan di Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara, Kamis 9 Juli 2020.

Kepala Loka POM Baubau, Dra. Mirnawati Purba, Apt. mengungkapkan, kegiatan penyuluhan tersebut menjadi tugas rutin pihaknya untuk memberikan pemahaman dan mencerdaskan masyarakat akan pentingnya menggunakan obat dan makanan yang bermutu.

“Kita dari Balai POM ini kan berusaha mencerdaskan masyarakat dengan rutin melakukan kegiatan penyuluhan supaya masyarakat tau bagaimana mengkonsumsi obat dan makanan yang aman dan bermutu agar tidak berdampak penyakit akibat penyalahgunaan obat dan makanan yang tidak benar,” ungkapnya saat ditemui usai membawakan materi penyuluhan di gedung Sipanjonga Desa Lapandewa Jaya.

Dikatakannya, penyuluhan seperti yang dilakukan pihaknya bukan karena adanya pandemi Covid-19. Melainkan dengan adanya pandemi ini, maka pihaknya pun semakin memberikan informasi pentingnya memahami setiap obat-obatan yang ditawarkan terkait pencegahan Covid-19 seperti yang ramai di pasaran, dan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Ini bukan karena adanya pandemi Covid-19, namun juga kita kaitkan dengan pandemi Covid-19, agar menggunakan obat dan bahan makan yang bermutu agar meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang diserang segala macam penyakit yang dapat melemahkan imunitas sehingga gampang terkena Covid-19,” jelasnya.

Dengan menggandeng Pemerintah Kecamatan Lapandewa dan seluruh pemerintah desa serta pelaku usaha se Kecamatan Lapandewa, kata dia, informasi yang disampaikannya dapat lebih cerdas dipahami dan dipraktekan sehari-hari.

“Jadi dengan peserta dari pemerintah kecamatan dan para pemdes ini kita harapkan sebisa mungkin agar diteruskan informasi pentingnya memahami bagaimana mengkonsumsi obat dan makanan yang terjamin mutunya sehingga masyarakat kita tidak sakit akibat penyalahgunaan obat dan makanan yang tidak aman,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk daerah yang menjadi wilayah pengawasan obat dan makanan oleh Loka POM Baubau selain Kota Baubau sendiri yakni, Kabupaten Buton, Buton Utara, Buton Tengah, dan Buton Selatan.

“Dan setelah penyuluhan di Kecamatan Lapandewa ini, kami akan koordinasikan lagi dengan pihak Dinkes terkait kecamatan mana lagi yang siap untuk digelar penyuluhan obat dan makanan,” tandasnya.

Menanggapi penyuluhan dan pemberian informasi obat dan makanan tersebut, Camat Lapandewa, La Nilo S.Pd mengungkapkan apresiasi kepada Loka POM Baubau yang telah memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya di wilayah yang dipimpinnya.

Dia menilai, materi yang dipaparkan dalam giat itu dapat membuka wawasan masyarakat khususnya di Kecamatan Lapandewa tentang bagaimana penggunaan obat dan makanan yang baik dan benar.

“Jika masyarakat kita terampil dalam menggunakan obat dan makanan maka imbasnya adalah kesehatan tubuh masyarakat kita sendiri, namun demikian pula sebaliknya,” jelasnya.

Olehnya itu, dia mengimbau kepada seluruh peserta penyuluhan agar langsung menyebarluaskan ilmu yang telah didapat kepada keluarga, tetangga, hingga masyarakat umum terkait pentingnya memahami obat dan makanan yang bermutu. (c).

Terkini