LPP Kelas III Kendari Fokus Lakukan Rehabilitasi WBP Kasus Narkoba

NEWS143 dibaca

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM- Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari fokus melakukan pembinaan kepada para warga binaannya.

Kepala LPP Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati mengatakan saat ini jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) diinstansinya, sebanyak 98 orang serta 2 titipan bayi.

“Jadi sekarang ada sekitar 98 warga binaan, kemudian ada juga 2 titipan bayi, jadi bayi ini yang dibawa ibunya ke lapas, jadi usianya msih usia menyusui,” ujar Wirdani.

Baca Juga : Bansos Kota Kendari Akan Disalurkan Kembali Pada Maret 2023

Sampai hari ini, kasus terbanyak di LPP III Kendari masih didominasi tindak pidana narkoba, untuk itu pihak lapas berusaha menekan angka kasus ini.

“Jadi kita ada pembinaan khusus memang untuk tindak pidana narkoba, setiap tahun kita ada proses pembinaan rehabilitasi” Jelasnya.

Untuk kasus terendah, Kata Wirdani masih seputar tindak pidana umum, seperti halnya Tipikor, penggelapan dana, ataupun penipuan.

Baca Juga : Polisi Berhasil Cegah Tawuran di Jembatan Kuning Kendari

Ia juga menjelaskan, sejak setahun terakhir persentase peningkatan jumlah warga binaan yang masuk ke LPP Kelas III Kendari terus bertambah.

“Kalau bertambah dari segi jumlah pasti selalu ada, mungkin paling didominasi itu tadi narkoba karena yah ada pengedar ada juga pemakai jadi banyak yang terlibat, kalau kasus-kasus lain itu jarang” Jelas Wirdani.

Warga binaan di LPP III Kendari saat ini dihuni berbagai kalangan untuk usia remaja yang merupakan warga binaan termuda berusia 16 tahun, dan lansia berumur 50-60 tahun.

Reporter : Nur Anisah

Facebook : Mediakendari