LPP Kendari Antisipasi Warga Binaannya Depresi

NEWS123 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari mempunyai beberapa program serta kegiatan terlebih untuk membuat para warga binaan agar menjadi lebih baik.

“Kalau program mungkin masih sama dengan tahun sebelumnya, tapi tahun ini kita lebih fokuskan untuk kesehatan jiwa atau mental warga binaan,” ungkap Kepala LPP Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati ditemui Kamis, 19 Januari 2023.

Andi Wirdani mengaku agar warga binaan tidak depresi pihaknya menggandeng Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Sultra guna mengetahui tingkat kecemasan, emosional ataupun tingkat kejenuhan warga binaan.

“Supaya kita bisa antisipasi tingkat depresi setiap warga binaan, kita juga bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selain itu LPP Kelas III Kendari masih terus akan mewujudkan wilayah bebas dari Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Menurutnya, prilaku warga binaan perlu tahap penyesuaian, terlebih untuk warga binaan yang baru masuk merasakan lapas.

“Kalau yang baru mungkin agak sulit beradaptasi, karena kita tau bagaimana dunia luar, tapi sebenarnya sama saja, hanya yang membedakan kita ada peraturan yang harus ditaati, dan juga alhamdulillah tidak ada pemberontakan,” tegasnya.

Andi Wirdani menjelaskan pihaknya juga menyediakan layanan seperti kunjungan online maupun tatap muka, ada wartel khusus warga binaan, layanan informasi self service dan juga Layanan penitipan barang dan makanan. Dalam bidang keagamaan, pihaknya juga bekerjasama dengan Pesantren Hidayatullah, Yayasan Nirunabi bahkan gereja.

“Kami sudah bekali mereka dengan berbagai kegiatan untuk menjadi lebih baik, ada sertifikatnya, istilahnya ada modal untuk mereka diluar nanti, jadi harapannya mereka keluar dari sini bisa lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Reporter: Nur Anisah