NEWS

Mahasiswa Teknik Mesin Magang di Jepang, Rektor UHO Titip Pesan Ini

750
×

Mahasiswa Teknik Mesin Magang di Jepang, Rektor UHO Titip Pesan Ini

Sebarkan artikel ini
Prof Muhammad Zamrun Firihu

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Program Pendidikan Vokasi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengirimkan 7 mahasiswa prodi D3 Teknik Mesin ke Negeri Jepang untuk Magang Kerja.

Para mahasiswa tersebut telah diberangkatkan secara resmi ke negeri matahari terbit tersebut pada Kamis, 26 Januari 2023.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, itu adalah salah satu bentuk suport dari pihak kampus dalam memberikan kebebasan mahasiswa dalam menimbah ilmu.

“Ini kan berkaitan dengan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka jadi sekarang kita arahkan mahasiswa itu untuk mencari pengalaman di mana saja,” ujarnya Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga : Harapan Juri untuk Anugerah Kebudayaan PWI

Terlebih, itu dapat memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa agar mudah menyesuaikan dirinya ketika lulus nanti dari Perguruan tinggi.

Kata dia, ini sebenarnya merupakan program rutin dari pihak kampus yang dilakukan khususnya mahasiswa teknik dan mahasiswi program studi vokasi.

Dalam kesempatan itu, dirinya menitipkan pesan kepada para mahasiswa agar dapat menjalankan magang sampai selesai dengan baik dan serta bisa menjaga nama baik universitas.

“Pokoknya selama kalian diberi kesempatan manfaatkan kesempatan itu dengan baik dan menimbah ilmu sebanyak-banyaknya dan tentu saya selalu berpesan untuk menjaga nama baik universitas,” ucapnya.

Baca Juga : Honorer, Aparat Desa Hingga Pekerja Rentan di Konsel Bakal Diberi BPJS

Diketahui, sebelumnya mahasiswa tersebut bakal menjalani magang selama 1 tahun di Negeri Jepang dengan diberi gaji layaknya karyawan di perusahaan.

“Mereka nanti akan magang selama 1 tahun dan itu tidak saja sekedar magang tapi di gaji juga dari pihak perusahaan,” kata Direktur Program Pendidikan Vokasi UHO, Sudarsono.

Selain itu, kata dia inisiasi ini merupakan perpanjangan tangan dari MoU antara pihak UHO dengan JWB.

“JWB itu fasilitator tenaga kerja di Jepang, pemagangan di Jepang. Jadi kami ini melaksanakan dari MoU yang ditandatangani oleh Pak Rektor,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page