oleh

Makidha Bantu Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid – 19

-NEWS-91 dibaca

KENDARI – Ketua Ikatan Guru Teknologi Informasi Komunikasi, PGRI Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Arsyil, S.Kom, M.Pd mengatakan program makidha. id adalah salah satu program inovasi yang dikucurkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra guna membantu proses belajar mengajar (PBM) di masa pandemi.

“Makhida.id telah dilaunching sejak 24 Juni 2021 kerjasama antara Dikbud Sultra dengan pihak PT Microsoft Indonesia yang bertujuan membantu meningkatkan SDM terutama di masa Covid -19,” ucap Arsyil saat menjadi narasumber Selamat Pagi Sultra, di studio Mektv, Rabu 8 Desember 2021.

Digitalisasi pendidikan yang dilaksanakan oleh Dikbud Sultra melalui makidha.id khusus untuk sekolah-sekolah yang menjadi kewenangan Dikbud Sultra dengan sasaran pada lima variable yakni sikap, kecemasan, pelatihan, keterampilan Information and Communication Technology (ICT) dan kinerja guru.

“Sekolah yang menjadi kewenangan Dikbud Sultra meliputi SMA, SMK dan SLB, sedangkan SD dan TK itu menjadi kewenangan pemda-pemda,” ungkap Arsyil.

Agar para guru-guru sekolah menengah menguasai program makidha.id maka pihaknya telah melaksanakan pelatihan training of trainers (TOT) untuk para guru, kemdian setelah pelatihan TOT dilanjutkan pelatihan para guru. “Sudah pernah kami lakukan pelatihan TOT khusus guru yang diikuti sekitar 50 orang guru,”terang Arsyil yang juga ketua MGPM TIK Sultra.

Seteleh pelatihan TOT dilanjutkan pelatihan keterampilan lanjutan yang diikuti guru TK, SD bahkan pihak kampus. Jadi tidak menutup kemungkinan hanya tataran sekolah menengah

Dalam makidha.id terdapat 25 aplikasi yang dapat dipelajari ada juga microsoft education center (MEC) kalau sudah dapat akun makhida maka bisa belajar manual atau belajar sendiri.

“Pak kadis dikbud sangat mendukung sejak lauching makidha.id kita lakukan webinar internasional yang pematerinya dari dalam dan luar negeri,” pungkasnya.

Saya mengharapkan di masa pandemi sekarang ini makidha makin maju dan dimanfaatkan para guru seperti untuk video confrence.

“Saya sebut makidha.id ini termasuk paket lengkap karena terdapat 25 aplikasi diantaranya ada office yang di dalamnya ada microsoft, ada excel dan power point. Khusus office teman-teman guru tidak perlu lagi ke kantor Dikbud Sultra tapi tinggal online cukup kerja dari rumah sehingga tidak menimbulkan kerumuman,” ungkapnya.

“Untuk kita akses cukup satu akun itu bisa kita mengakses 25 aplikasi sekaligus,” pungkasnya.

 

Penulis : Redaksi

Terkini