oleh

Maksimalkan Yankes kepada Masyarakat, Puskesmas Poleang Diperbarui

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Poleang, gedung puskesmas di wilayah tersebut diperbarui.

“Dengan gedung baru ini, yang lebih besar, lebih luas dan lebih representatif daripada gedung yang lama, maka harapan bahwa pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik bukan hal yang mustahil,” kata Bupati Bombana, Tafdil saat meresmikan gedung baru Puskesmas Poleang pada Kamis, 25 Maret 2021.

Menurutnya, fasilitas kesehatan yang terstandar menjadi salah satu syarat wajib dalam penyediaan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

“Selain ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan tersedianya dana atau anggaran yang memadai,” ujarnya.

Demikian ia meminta kepada pemerintah Kecamatan Poleang, para kepala desa, tokoh masyarakat, serta ibu PKK agar lebih peduli dan berperan aktif dalam pembangunan kesehatan di wilayah itu.

“Khususnya lagi dalam upaya percepatan pencegahan dan penanganan gizi buruk dan stunting serta ikut serta dalam mensukseskan program vaksinasi Covid-19,” pintanya.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Bombana, dr. Sunandar memaparkan kondisi Puskesmas Poleang yang dibangun pada tahun anggaran 2020 dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik afirmasi sebesar Rp 6.440.600.000.

Pembangunan gedung ini juga ujarnya, dilengkapi dengan perumahan dinas untuk tenaga kesehatan yang juga pembangunannya berasal dari DAK afirmasi TA 2020 sebesar Rp 727.700.000.

Ia menerangkan, untuk menunjang pelayanan kesehatan, gedung UPTD Puskesmas Poleang ini juga sudah didukung dengan ketersediaan alat kesehatan yang juga memanfaatkan alokasi anggaran dari DAK afirmasi senilai Rp 1.692.760.000.

“Gedung UPTD Puskesmas Poleang ini akan difungsikan sebagai tempat untuk melakukan pelayanan rawat inap, rawat jalan, kesehatan Ibu dan anak (KIA), laboratorium, pelayanan kefarmasian dan pelayanan kesehatan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Sunndar, sumber daya kesehatan si UPTD puskesmas Poleang sudah memiliki tenaga kesehatan yang memadai. Dengan ketersediaan 2 dokter umum dan 1 dokter gigi, serta paramedis, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat wilayah kecamatan Poleang pada khususnya dan masyarakat Bombana pada umumnya,” pungkasnya. (B)

Terkini