KendariMETRO KOTANEWSPENDIDIKAN

MAN IC Kendari Raih Penghargaan Adiwiyata Dengan Nilai Tertinggi

391
×

MAN IC Kendari Raih Penghargaan Adiwiyata Dengan Nilai Tertinggi

Sebarkan artikel ini
Walikota Kendari memberikan penghargaan Adiwiyata kepada para kepala sekolah. Foto: MEDIAKENDARI.com/Muhammad Ali Wahab/B

Reporter: Muhammad Ali Wahab
Editor: Kang Upi

KENDARI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari memperoleh nilai tertinggi dalam penghargaan Adiwiyata, yakni 73 poin, sukses mengungguli sekolah lainnya.

Penghargaan ini diserahkan Walikota Kendari Sulkarnain Kadir kepada Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit pada upacara Hari Sumpah Pemuda di Pelataran Terminal Baruga, Kota Kendari, Senin (28/10/2019).

Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya sukses meraih penghargaan berwawasan lingkungan tersebut, karena melakukan pengurangan sampah plastik atau zero plastic di sekolah.

“Orang tua atau siswa yang datang ke sekolah dilarang membawa peralatan minum dari plastik, boleh dari plastik yang penting itu dari galon. Begitupun guru, kami haruskan untuk membawa tumbler dan peralatan makan sendiri seiap rapat di sekolah,” papar Abdul Basit.

BACA JUGA:

Menurutnya, selain mengurangi pemakaian plastik, MAN IC juga mengurangi sampah kertas. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehinga tidak perlu lagi menggunakan kertas.

“Sekarng itu guru kalau isi jurnal tidak ada yang menulis, kami pakai aplikasi, dan siswa sekrng 90 % juga sudah pakai leptop walau ada sebagian masih seperti dulu,” tutupnya.

Berdasarkan data yang diterima MEDIAKENDARI.com, sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata yakni MAN Islamic Center dengan nilai 73, Madrasah Aliyah Asy_ syafityah nilai 64,5.

Selain itu yakni SDN 11 Kendari nilai 62, SDN 8 Kendari nilai 59,75, SDN 7 Kendari nilai 57, SDN 82 Kendari nilai 56,9, SDN 20 Kendari nilai 56,5, dan MI Asy-syafi’iayah nilai 56,25. (B)

You cannot copy content of this page