oleh

Manfaatkan DD, Desa Matanggonawe Konut Fokus Bangun Infrastruktur

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Keputusan Pemerintah Pusat menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Desa, dianggap tepat untuk membantu pembangunan infrastruktur di Desa Matanggonawe, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Desa Matanggonawe, Limpo, mengatakan, dengan anggaran DD yang berjumlah Rp 600 juta lebih di tahun 2018 lalu, Pemerintah Desa dapat membuat lapangan sepak bola yang telah lama diidamkan para kawula muda di desa itu.

Baca Juga :

“Kita juga membangun taman embun karena masuk dalam program inovasi desa dan akan kami jadikan wisata desa yang dapat menghasilkan PAD. Kami juga melakukan pelencengan atau normalisasi sungai untuk sektor pertanian guna mengairi sawah masyarakat,” katanya, Senin (22/4/2019).

Untuk tahun 2019 ini, lanjut Limpo, berdasarkan hasil Musyawarah Desa disepakati untuk DD APBN akan dimanfaatkan untuk pengadaan KWH sebanyak 12 unit bagi warga yang belum memiliki listrik.

“Kita juga ada penimbunan lokasi pasar desa dan dianggarkan untuk saluran pembuangan air limbah warga. Tahun ini ada peningkatan anggaran DD menjadi Rp700 juta lebih. Tahun lalu ada desa pemekaran Desa Pekaroa makanya mengalami penurunan,” ujarnya. (A)

Terkini