oleh

Manfaatkan DD, Desa Tongauna Konut Fokus Bangun SDM dan Tingkatkan PAD

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upik

WANGGUDU – Pemerintah Desa Tongauna Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) manfaatkan Dana Desa (DD) untuk membangun sumber daya manusia (SDM).

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Desa Tongauna, Sudarmin menjelaskan pengembangan SDM dilakukan dengan membangun sebuah gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Di RAB itu cuman pembangunan gedung PAUD, tidak ada anggarannya fasilitas seperti meja dan kursi. Tapi karena demi dunia pendidikan saya merasa bertanggungjawab meningkatkan SDM. Makanya kita siapkan meja dan kursi sebanyak dua puluh unit buat anak-anak kita dan sekarang sudah digunakan untuk belajar mengajar,” kata Sudarmin, Kamis (8/8/2019).

Bukan hanya pendidikan, Sudarmin juga fokus untuk menata dan memanfaatkan potensi desanya, yakni berupa sektor pertambangan galian C jenis batuan.

BACA JUGA :

“Potensi di sini ada tambang batu yang akan kami kembangkan. Ini yang akan kita kembangkan tahun depan. Karena kita anggap mampu menghasilkan PAD guna pengembangan infrastruktur di desa,” ujarnya.

Selain dua hal diatas, lanjut Sudarmin, berdasarkan hasil musyawarah desa, dengan DD APBN sebesar Rp 700 juta lebih pihaknya akan membangun gedung MCK satu unit, drainase, pembukaan jalan usaha tani 300 meter.

“Tahun lalu kita pengadaan ternak sapi, PAUD, MCK satu juga, lapangan bulu tangkis, tapal batas dusun juga kami buat,” pungkasnya. (A)

Terkini