oleh

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Tekankan Pengembangan Potensi Kelautan di Sultra

KENDARI – Dalam seminar nasional bertajuk mendorong sektor perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru disalah satu hotel di Kendari, Rabu malam (20/12), Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Rokhmin Dahuri mengatakan di Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi menyumbangkan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Rokhmin menyebutkan, terdapat beberapa kendala sehinga sektor kelautan dan perikanan Sultra belum bisa maksimal.

“Pertama itu soal mentalitas sebagian besar kita disini, pemerintah dan birokrasinya yang mudah-mudah saja yang mereka urus seperti proyek-proyek, tidak ada yang serius memetakan apa sih potensi pembangunan daerah,” ujarnya.

Ia menekankan, pemerintah seharusnya lebih jeli dalam melihat sumber ekonomi baru seperti sektor perikanan, tidak hanya dalam sektor pertambangan yang menjadi penghasilan daerah.

“Yang terpenting itu mentalitas dari pada elit daerah untuk bekerja ril, jangan cuman janji-janji dan pencitraan saja,” jelasnya.

Lanjut Rokhmin menerangkan, kendala kedua yaitu persoalan infrastruktur yang masih dirasai kurang memadai dalam mendukung perkembangan ekonomi.

“Biar Sumber Daya Alamnya besar kalau tidak ada jalan, tidak listrik dan air bersih maka akan sia-sia, semua bisa dilakukan asal kepada daerah dan birokrasinya itu serius mengurusi ekonomi dan kesejahteraan,” urainya.

Berikutnya ia menambahkan yaitu persoalan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam dunia pendidikan lanjutnya, seharusnya para siswa dibekali dengan pelajaran yang bersifat vokasi keteknikan dan tidak hanya semata-mata hanya teori yang diajarkan.

“Dirikanlah SMK kelautan yang benar-benar 70 persen pratek dan 30 prensenya teori. Kalau itu yang terjadi, anak muda Sultra mau terjun ke dunia kelautan dan perikanan,” pungkasnya.

Reporter: Ruslan
Editor: Kardin

Terkini