oleh

Mantan Rektor UHO akan Jadi Rektor Universitas Karya Persada

-NEWS-4,517 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Prof Usman Rianse yang merupakan mantan rektor dua periode di Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) itu rencananya bakal kembali menjadi rektor kampus Universitas Karya Persada di Kabupaten Muna.

Hal itu disampaikan langsung saat dirinya menjadi salah satu penannya di Seminar Forum Sultra Satu yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (8/11/2022).

Dirinya mengaku hal itu merupakan permintaan langsung dari pemilik Universitas Karya Persada. Yang selaras dengan misi hidupnya, yakni ingin mencerdaskan kehidupan bangsa terkhusus warga Kabupaten Muna. Sehingga ia tidak memiliki alasan untuk menolaknya.

“Sebenarnya yang tawari saya jadi rektor banyak, hanya saja ini yang menurut saya cocok dan ini juga bagian dari misi orang Muna yang ingin punya Universitas. Jadi saya tidak punya alasan untuk menolaknya terlebih untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Muna memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup, baik dosen maupun mahasiswa. Sehingga dirinya memiliki itakad baik dalam memajukan Kabupaten Muna agar lebih baik lagi kedepannya dari segi pendidikan.

Eks Rektor UHO dua periode itu menekankan universitas yang akan dipimpinnya nanti ini akan dibuka secara umum untuk menyerap calon-calon mahasiswa dari berbagai daerah yang ada di Sultra.

“Universitas Karya Persada ini bukan untuk orang Muna, tetapi bagaimana untuk merubah cara berpikir kalau dulu semua orang Muna keluar daerah, sekarang bagaimana orang luar daerah masuk di Muna,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia bertekad bakal berusaha semaksimal mungkin dengan segala pengetahuan serta pengalaman yang telah dilaluinya untuk menjadikan Kabupaten Muna sebagai tujuan masyarakat sebagai tempat menimbah ilmu pengetahuan.

“Mungkin ini adalah sesuatu panggilan untuk pengabdian saya yang sudah melalang buana menjadi rektor, ketua majelis rektor maupun dalam insan publik kehidupan. Siapa tau ini saya bisa jadi gula dan menjadikan Muna sebagai tujuan, terutama menjadi kontribusi untuk warga Kabupaten Muna,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail