FEATUREDKendari

Masuki Musim Peralihan, Ini Himbauan BMKG Kendari

473
×

Masuki Musim Peralihan, Ini Himbauan BMKG Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Maritim Kendari mengidentifikasi cuaca yang berada di Sulawesi Tenggara.

“Untuk cuaca di Sulawesi Tenggara memiliki dua Zona Musim (ZOM) yakni zona musim hujan dan zona musim peralihan”, ucap Adi Istyono, Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Maritim Kendari.

Zona musim awal hujan di Sulawesi Tenggara, lanjut Adi, untuk wilayah barat terjadi di beberapa wilayah yakni Kolaka, Pomalaa, Kolaka Timur, Kolaka Utara dan Bombana. Sedangkan untuk zona musim peralihan terdapat di wilayah timur yakni Kendari, Konawe Utara, Konawe Selatan, Buton Utara dan Muna.

“Biasanya yang ditakutkan dalam zona musim adalah musim peralihan. Dalam musim peralihan akan disertai hujan, guntur dan angin dikarenakan adanya gangguan di atmosfer,” tambahnya.

Menghadapi musim peralihan ini, BMKG Stasiun Meterologi Maritim Kendari menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan agar tidak mengakibatkan banjir.

“Ini musim peralihan, sudah mulai hujan. Himbauan kami kepada masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir,” pungkas Adi.

Reporter: Hendrik B
Editor: Ronal Fajar

You cannot copy content of this page