oleh

Mekar Jaya dan Unaasi Raih Juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Konawe

-KONAWE, SULTRA-193 dibaca

Laporan: Jaspin

Editor : Kang Upi

UNAAHA – Desa Mekar Jaya, Kecamatan Padanguni, dan Kelurahan Unaasi Kecamatan Anggaberi, berhasil meraih juara 1 dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Konawe.

Raihan ini sebagaimana tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Konawe Nomor 391 Tahun 2019 Tentang Penetapan Juara Desa dan Kelurahan Pada Perlombaan Desa dan kelurahan Tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Konawe, Keni Yuga Permana S.stp, M.Ap menyebut ada tiga indikator sistem penilaian yang dilakukan panitia di lapangan, yakni bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Menurutnya, indikator tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Desa dan Keluraha. Ketiga indikator itulah yang dijadikan dasar penilaian oleh tim penilai yang sudah terbagi dalam berberapa sub sektor penilaian.

Hasil juara untuk lomba ini, merupakan akumulasi skoring dari sub sektor yang dinilai oleh tim penilai, salah satunya DPMD dan dinas teknis lainnya. Lomba desa dan kelurahan ini dilaksanakan sejak 20 April hingga 5 Mei 2019.

“Desa Mekar Jaya, berdasarkan hasil skoring tim penilai dilapangan tiga indikatornya terpenuhi. Begitu pula sarana dan prasarananya diantara desa yang dikunjungi, Desa Mekar Jaya yang paling lengkap,” ungkap Keni, kepada mediakendari.com Jumat (10/5/2019).

Selain itu, lanjut dia, tingkat partisipasi masyarakat Desa Mekar Jaya juga sangat tinggi, dibanding desa lain yang di kunjungi.

Olehnya itu, Desa Mekar Jaya, dan Kelurahan Unaasi dinyatakan layak untuk meraih gelar sebagai juara 1 dan bakal mewakili Kabupaten Konawe pada lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi.

“Berdasarkan hasil evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang ditandatangani langsung Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa pada 9 Mei 2019 kemarin. Selanjutnya akan diserahkan ke provinsi, dan mudah-mudahan Kabupaten Konawe masuk dalam 7 besar,” harapnya.

Baca Juga :

Mantan Camat Wonggeduku Barat ini juga menambahkan, saat ini pemerintah Kabupaten Konawe bersama pemerintah Kecamatan Padangguni tengah melakukan pembinaan persiapan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Yang jelas Desa Mekar Jaya dan Kelurahan Unaasi tengah melakukan persiapan untuk menghadapi tingkat provinsi. untuk Kelurahan Unaaha, Kecamatan Unaaha, kemungkinan akan mendapat teguran keras karena tidak mengikuti lomba ini,” terangnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk di tahun ini ada lima kecamatan yang mengikuti yakni Inalahi, Tongauna, Routa, Unaaha, dan Unaasi yang keluar sebagai juara pertama. (B)

Terkini