oleh

Melalui Usaha Kecil, Pemda Wakatobi Ciptakan Kader Wirausaha Baru yang Mandiri

WAKATOBI – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (KUMKM), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (25/9/2018) melakukan pelatihan penciptaan kader wirausaha baru yang dapat mandiri di bidang usaha kecil.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kesenjangan ekonomi di Kabupaten Wakatobi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (KUMKM), La Ode Boa mengatakan, dengan kegiatan ini Pemda Wakatobi ingin membuat sebuah trobosan dengan melatih para calon usahawan agar bisa menjadi wirausahawan baru yang mandiri.

“Menciptakan wirausahawan baru merupakan langkah strategis Pemda Wakatobi. Bukan hanya untuk mengurangi pengangguran dan membuka lapangan kerja baru, tetapi juga menciptakan kelas menengah baru yang mandiri dan produktif sesuai dengan Visi Misi Bupati,” kata Boa.

“Visi tersebut bisa berupa ide inovasi, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu,” sambungnya.

Boa juga memberikan beberapa tips dan cara khusus memasarkan produk kepada peserta kegiatan agar menjadi seorang wirausaha baru, bahkan teknik pemasaran melalui sosial media dipaparkan olehnya.

“Kami berusaha merubah mainsed dari para pengusaha dengan memberikan pengetahuan bagimana menjadi seorang wirausaha baru. Sebab, menjadi wirausaha akan meningkatkan taraf hidup mereka dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten maritim kita ini,” ucapnya.

Sementara Pemateri pelatihan penciptaan kader wirausaha baru yang dapat mandiri di bidang usaha kecil, La Ode Saniru, pada kesempatan itu memberikan berbagai macam motivasi kepada para calon wirausahawan guna mendatangkan pengunjung (Pembeli).

“Memulai usaha itu jangan judes, tapi harus murah senyum agar menarik pengunjung. Artinya, setiap pengusaha utamakan pelayanan yang prima supaya banyak pelanggan,” singkatnya.(b)


Reporter: Sahwan

Terkini