oleh

Membangun Personal Branding Agar Eksis di Dunia Digital

-NEWS-26 dibaca

Wajo, 8 November 2021 – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 8 November 2021 di Wajo, Sulawesi Selatan. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema yang diusung pada kali ini adalah “Pilihan dan Peluang Karir di Dunia Digital”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari GNI Trainer dan AJI Kota Makassar, Muhammad Yunus; Perencana Keuangan Bersertifikat, Nadia Harsya; Dosen Fakultas Hukum UIN Alauddin Makassar, Rahman Syamsuddin; serta Anggota SSEAYP International Indonesia dan Alumni Pertukaran Pemuda Indonesia-Jepang dan ASEAN, Akbar Rizki Datau. Adapun sebagai moderator adalah Praktisi PR Aguslia Hidayah. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta. Pada program kali ini diikuti oleh 800 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Membuka sesi pemaparan, Akbar Rizki Datau sebagai pemateri pertama membawakan tema “Welcoming Gen-Alpha:  Kesempatan dan Tantangan di Dunia Digital”. Akbar mengimbau untuk meningkatkan literasi digital agar lebih mudah mengobservasi keterampilan digital, seperti menjalankan alat, media, fitur digital, dan lainnya. Selain itu, literasi digital dapat membuat seseorang bebas dari gagap teknologi (gaptek).

Pramuka

Melanjutkan webinar, Muhammad Yunus menyampaikan materi berjudul “Bikin Konten di Dunia Digital”. Dia menekankan pentingnya ketaatan pada peraturan etika media sosial, baik bagi pengembang platform maupun standar komunitas seperti perusahaan atau kampus. “Hal ini penting diperhatikan agar tidak melanggar atau terjerumus UU ITE,” tegasnya.

Pemateri ketiga, Nadia Harsya mengupas tema tentang “Pilih Mana: Nabung atau Belanja Online?”. Nadia menyarankan untuk membuat anggaran dan disiplin mengaplikasikannya dalam pengaturan keuangan. Anggaran tersebut meliputi menabung atau investasi, cicilan utang, biaya rutin, dan pengeluaran pribadi. “Kita harus sadar budgeting agar sehat fisik, sehat mental, sekaligus sehat finansial,” tuturnya.

Adapun Rahman Syamsuddin, sebagai pemateri terakhir, membeberkan tema mengenai “Digital Safety: Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital”. Rahman menggarisbawahi pentingnya menghargai hak cipta atas kreativitas orang lain meliputi karya pengetahuan, karya seni, karya rupa, dan lainnya. “Tak jarang ada hak cipta di dalam karya orang lain, yang jika diambil akan menjadi masalah ke depan. Namun begitu, jangan berhenti berkreasi,” tandasnya.

Acara berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Sesi ini disambut dengan beragam pertanyaan dari para peserta. Dalam webinar di Wajo tersebut, panitia membagikan uang elektronik masing-masing senilai Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih.

“Apakah personal branding penting diajarkan kepada gen-Alpha untuk menjadi kreator konten, atau ada aspek lain yang perlu ditanamkan?” tanya Arief Prasetyo, salah satu peserta kegiatan. Akbar Rizki Datau mengatakan, personal branding merupakan bekal yang penting dimiliki sejak dini karena akan berguna dalam semua profesi yang akan dijalani. “Kehadiran kita di media sosial harus dilengkapi personal branding yang positif. Ini akan membantu kesuksesan karier dan menjaga eksistensi di dunia digital,” ujarnya.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

***

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Humas Literasi Digital Sulawesi

Email                     : [email protected]

Website               : https://event.literasidigital.id

Instagram            : @siberkreasisulawesi

Twitter                 : @SiberkreasiSul

Facebook            : Siber Kreasi Sulawesi

Penulis : Redaksi

Terkini