oleh

Menag Dijadwalkan Buka MTQ V Korpri Tingkat Nasional di Kota Kendari

-NEWS-71 dibaca

KENDARI – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan membuka musabaqah tilawatil quran (MTQ) V korpri tingkat nasional tahun 2021 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (15 November 2021).

MTQ yang akan dilaksanakan hingga 20 November 2021 dan dipusatkan arena tuga MTQ akan diikuti sejumlah kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia dan sebagian telah tiba di Kendari sejak Kamis, 11 November 2021),
Panitia pelaksana saat ini sedang mempersiapkan kedatangan dewan hakim dan dewan pengawas, yang dijadwalkan tiba pada hari Sabtu, 13 November 2021.

Rapat persiapan penjemputan dewan tersebut digelar di kawasan tugu MTQ yang dihadiri l Ketua MUI Sultra KH Mursyidin dan sejumlah pejabat dari Kanwil Kemenag Sultra.

Pramuka

Menurut Mursyidin rapat persiapan penjemputam dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan penjemputan dan pelayanan bagi para anggota dewan hakim dan pengawas selama bertugas pada pelaksanaan MTQ Korpri kali ini.

MTQ korpri tingkat nasional digelar setiap dua tahun sekali yang umumnya dilaksanakan pada tahun-tahun genap. Pada tahun 2016 digelar MTQ III korpri, lalu MTQ IV Korpri tahun 2018 di Jakarta.

Mursyidin mengatakan seyogyanya MTQ V korpri digelar tahun 2020 di Kendari, namun karena Covid-19, kegiatan ini hanya dilaksanakan secara virtual di Jakarta yang mempertandingkan beberapa cabang lomba saja secara terbatas.

Pada tahun 2021 ini, ajang MTQ korpri tetap dilaksanakan dengan tetap diberi nama MTQ V korpri tingkat nasional. Sesuai rencana ada 26 cabang lomba yang dipertandingkan. Jika mengacu pada MTQ korpri sebelumnya jumlah peserta diestimasi sebanyak 1.680 orang.

“Jika memperhitungkan pelatih, official, dan undangan, diperkirakan akan ada 3.000-an orang yang akan berpartisipasi dalam MTQ V korpri nasional yang digelar di Kota Kendari,” ungkapnya.

Penetapan Sultra sebagai tuan rumah penyelenggaran MTQ V korpri tingkat nasional melalui Surat Keputusan (SK) Dewan Pengurus Korpri Nomor 3 Tahun 2019 tanggal 17 Januari 2019. Berdasarkan SK tersebut MTQ V korpri digelar tahun 2020 tapi karena pandemi Covid-19 terpaksa ditunda.

Ditambahkan kafilah Sultra pernah juara umum pada MTQ III Korpri Tahun 2016 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Sultra sendiri telah berpengalaman melaksanakan pagelaran MTQ. Pada tahun 2006 silam, pada periode pertama kepemimpinan Gubernur Ali Mazi, Sultra sukses melaksanakan MTQ ke-21 tingkat nasional. Di masa itu, kawasan MTQ dibangun dan menjadi icon kebanggaan masyarakat Sultra hingga saat ini.

Penulis : Sardin.D

Terkini