FEATURED

Mencegah Kecelakaan Darat dan Laut, Petugas Gabungan Melakukan Tes Urine Kepada para Supir Angkutan Umum dan Awak Kapal

360
×

Mencegah Kecelakaan Darat dan Laut, Petugas Gabungan Melakukan Tes Urine Kepada para Supir Angkutan Umum dan Awak Kapal

Sebarkan artikel ini

MediaKendari.com, Raha – Demi meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik, petugas gabungan Kepolisian Resort (POLRES) Muna, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Muna dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Raha melakukan tes urine kepada para awak kapal dan para supir angkutan umum di Pelabuhan Nusantara Raha, (21/06/2017).

Menurut Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, kegiatan yang dilakukan ini merupakan kegiatan sinegritas bersama BNN Kabupaten Muna dan KPLP Raha dalam rangka tindak lanjut dari Operasi Ramdaniya.

“Disini kita melakukan tes urine kepada kapten kapal bersama para anak buahnya serta kepada supir-supir angkot. Intinya kita ingin menjaga keselamatan para penumpang yang hendak mudik, serta nantinya untuk arus baliknya, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPLP Raha Zainuddin memberikan apresiasi kepada pihak Polres Muna dan BNN Kabupaten Muna dengan adanya kegiatan ini. Dalam hal ini melakukan tes urine kepada perwira kapal dan anak buahnya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut.

“Perwira ini adalah ujung tombak dari pada keselamatan dalam pelayaran di kapal. Karena dalam pelayaran itu tidak dibenarkan menggunakan narkoba,” ungkapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala BNN Kabupaten Muna La Hasariy mengungkapakan bahwa kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik.

“Kenapa kita harus melakukan tes urine, karena jangan sampai ada penyalagunaan narkoba. Sebab, yang di bawa ini adalah manusia dan disini kita buktikan apa ada yg positif narkoba atau tidak,” tuturnya.

Ia menambahkan, kalau ditemukan ada penyalagunaan narkoba dalam tes urine ini, pihaknya bersama Polres Muna dan KPLP Raha akan mengarahkan untuk sama-sama dilakukan proses rehabilitasi.

Dalam kegiatan ini, ada 40 orang yang mengikuti tes urine diantaranya 17 orang supir angkutan umum, 10 orang awak kapal malam KM. Simba 1 dan 11 orang kapal ferry KMP Mujair. Dari 40 orang yang di periksa urinenya, hasilnya bebas dari narkoba.

Laporan : Zulfikar

Editor : Redaksi

You cannot copy content of this page