oleh

Mentan RI Dijadwalkan Panen Raya Padi di Konawe

Redaksi

KENDARI – Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman dijawdalkan bakal mengunjungi Kabupaten Konawe, dalam rangka panen raya padi di Kelurahan Uepai, Kecamatan Uepai, Rabu (29/5/2019) besok.


Kepala Dinas Pertanian Konawe, Syahruddin menjelaskan, mengawali kunjungan kerjanya di Konawe Mentan bersama Bupati dan jajaran Muspida, bakal melakukan Panen Raya di Kelurahan Uepai.


“Ada 20 hektar padi sawah siap panen di Kelurahan Uepai sebagai tempat digelarnya panen raya bersama Mentan RI Amran Sulaiman,” jelas Syahruddin.


Menurutnya, lahan sawah tempat panen raya tersebut merupakan bagian dari 1600-an hektar persawahan yang siap panen di Kabupaten Konawe, sebagai lumbung beras Sulawesi Tenggara.


Selain agenda tersebut, kata Syahruddin, Mentan juga dijadwalkan bakal tatap muka dengan warga setempat khususnya para petani Konawe dalam agenda ‘Temu Wicara’.


Sementara itu, terkait kunjungan kerja Mentan RI Amran Sulaiman ini, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menuturkan jika dirinya memberikan apresiasi khusus.

Pasalnya Kabupaten Konawe, kata KSK, jarang mendapatkan kesempatan istimewa untuk didatangi oleh Menteri Pertanian RI, meski telah beberapa kali kunjungan kerja di Sultra.


“Saya berterimakasih atas kunjungan Menteri Pertanian karena sejak bertahun-tahun baru kali ini Mentan bisa mengunjungi Konawe, ” kata KSK.

Kunjungan ini sendiri, ujar KSK, menjadi istimewa karena dilakukan ditengah gencarnya usaha Pemda Konawe untuk mencapai visi produksi 1 juta ton gabah.

“Kita akan paparkan dihadapan Pak Menteri tentang apa saja yang sudah kita lakukan untuk menggenjot produksi 41 ribu hektar persawahan termasuk target 1 juta ton gabah,” ungkap Kery.

Kery juga menuturkan, dalam kesempatan bersama Mentan, dirinya bakal meminta solusi atas sejumlah kendala yang dihadapi dalam memacu produktifitas pertanian.


“Kita juga akan minta agar Pak Menteri membantu dalam menuntaskan kendala yang dihadapi, misalnya soal cuaca bagaimana seharusnya penanganannya,” pungkasnya.

Terkini