oleh

Menuju Lomba Tingkat Provinsi, 15 Desa di Kolut Diseleksi

-FEATURED, Kolaka Utara-127 dibaca

LASUSUA – Sebanyak 15 Desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diseleksi Tim Penilai Kabupaten untuk mewakili Kolut di ajang Perlombaan desa menuju tingkat Provinsi.

Dari 15 kecamatan, 127 desa di kolut hanya satu desa setiap kecamatan yang dapat mewakili lomba desa tingkat Kabupaten Kolut.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar yang diwakili Asisten I Setda Kolut, Zainuddin menjelaskan, perlombaan desa tingkat Kabupaten merupakan program Rutinitas pemerintah disetiap tahun, guna mencari satu desa terbaik dari 15 kecamatan untuk mewakili Kolut menuju ke tingkat provinsi.

BACA JUGA: Hadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten, DPMD Koltim Gelar Rapat TEPDK

“Tim kami akan melakukan seleksi yang ketat, dari 15 desa yang ikut dalam lomba desa, mulai dari keriteria kelayakan, faktor pendukung, tetapi yang utama adalah 8 indikator yang menunjang nilai yaitu, pendidikan, kesehatan, keimanan, partisipasi, kemasyarakatan dan lain-lain,” ungkap Zainuddin seusai perlombaan di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, senin(9/4/2018).

Perlombaan desa dilaksanakan selama 8 hari, berawal dari Desa Sarambu Kecamatan Porehu dan berakhir di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua. Kata Zainuddin, pihaknya menilai dua desa dalam dua kecamatan pada setiap hari.

“Ada beberapa desa yang masuk nominasi kategori dan kreteria yang diperlombakan, kami adakan rapat untuk menentukan desa mana yang berhak menjadi Juara Satu tingkat kabupaten, untuk menuju ke provinsi mewakili Kolut,” tutupnya.


Reporter: Bahar
Editor: Kardin

Terkini