oleh

Meraup Rezeki di Bulan Ramadan dengan Kelapa Muda

 

Reporter: Andis

KONAWE – Bulan suci Ramadan hendaknya tidak dijadikan sebagai bulan untuk bersantai dari banyak aktivitas. Namun, di samping meningkatkan iman dan takwa, bulan tersebut juga dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Untuk sebagian orang, bahkan bisa pula dijadikan momentum untuk mengais rezeki.

Salah satunya Bapak Hamsah, warga Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, yang menjadi penjual somai keliling di hari biasa. Namun, ketika bulan puasa ia mengais rezeki yang berbeda, dengan menjual kelapa muda.

Kepada MEDIAKENDARI.COM, pekerjaan tersebut sudah ia tekuni sejak lama setiap kali bulan puasa tiba. Ia memilih jualan kelapa muda ketimbang berjualan aneka minuman dan makanan agar berbeda dari yang lain.

“Karena kalau penjual takjil itu sudah banyak. Jadi saya memilih jualan yang ini, biar berbeda,” ungkap Hamsah di tempatnya menjual pada Rabu, 14 April 2021.

Menurutnya, kelapa muda merupakan buah yang banyak digemari masyarakat saat menjelang buka puasa. Peluang itu dimanfaatkannya untuk mendapatkan rezeki.

“Pendapatannya juga bagus dan banyak pembeli,” katanya.

Dari hasil jualan kelapa muda itu, ia bisa memenuhi kebutuhan keluarga selama bulan puasa. Ia mengaku harus bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengais rezeki.

“Alhamdulillah, dari usaha ini saya bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan keluarga saya hingga lebaran nanti,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, kelapa muda yang dijualnya bervariasi dari harga 8 ribu rupiah per buah dan 15 ribu rupiah untuk 2 buah kelapa. Dalam sehari ia mampu menjual rerata 100 buah dari pukul 14.00 sampai 17.00 Wita.

“Karena pada jam tersebut, orang-orang keluar untuk mencari sajian berbuka puasa,” katanya.

Ia bersama istrinya selalu berjualan di depan SMPN 1 Unaaha, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

“Karena sering banyak pembeli, istri saya biasa bantu. Karena kalau sendiri saya tidak bisa, apalagi tempatnya strategis jadi pembeli sering mengantri,” katanya.

Salah seorang pembeli menuturkan, jika ia telah lama menjadi pelanggan kelapa muda Pak Hamsah. Ia juga mengaku jika berbuka puasa dengan air atau daging kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

“Saya biasa membeli di sini untuk istri dan anak-anak, apalagi bagus untuk kesehatan,” kata Rijal. (B)

Terkini