NEWS

Meriahkan HKG PKK ke-49, TP PKK Sultra Laksanakan Sejumlah Agenda

209
×

Meriahkan HKG PKK ke-49, TP PKK Sultra Laksanakan Sejumlah Agenda

Sebarkan artikel ini

 

Redaksi

KENDARI – Memeriahkan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49, Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sejumlah agenda selama dua hari yakni 17-18 Maret 2021.

Peringatan yang dipusatkan di Hotel Claro, di Kota Kendari akan diisi kegiatan berupa seminar bertajuk ‘Diversifikasi Pangan Lokal dalam Rangka Memenuhi Kebutuhan Gizi Keluarga di Masa Pandemi Covid-19’ dan workshop bertema ‘Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Mewujudkan Keluarga Sebagai Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’.

KHG PKK ke-19 dibuka Ketua TP PKK Sultra Agista Ariany Ali Mazi dan dirangkaikan dengan kunjungan stan pameran TP PKK dari 17 kabupaten kota se-Sultra yang menampilkan produk hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

Selain kegiatan tersebut, pada puncak peringatan HKG PKK ke-49, digelar lomba fashion show yang akan diikuti Ketua TP PKK kabupaten kota se-Sultra dengan mengenakan pakaian adat wanita etnis daerah masing-masing.

‘Selain untuk memeriahkan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, lomba ini merupakan wadah untuk menumbuhkembangkan kreatifitas dan inovasi ibu-ibu dalam mengembangkan pakaian adat daerah masing-masing. Saya berharap, Ketua TP PKK kabupaten/kota ikut dan tidak diwakili,” ujar Agista Ariany Ali Mazi.

Dalam sambutannya tersebut, Istri Gubernur Sultra Ali Mazi ini juga menyoroti salah satu kendala utama industri kecil yang dikelola para kaum perempuan, terutama yang bergerak dalam pengolahan makanan dan kerajinan.

Menurutnya, kendala yang dihadapi adalah masih rendahnya kualitas kemasan yang belum mampu memenuhi selera pasar, baik lokal maupun nasional. Untuk itu, perlu berupaya untuk membuat hasil-hasil produk dengan kemasan yang menarik.

“Secara potensi, setiap daerah di Sultra memiliki keunggulannya yang dapat dioptimalkan untuk menghasilkan produk karena bahan bakunya mudah diperoleh, dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan dalam proses pengolahannya dan ramah lingkungan,” terangnya.

Agista juga mengungkapkan, seminar, workshop, dan pameran ini sebagai momentum untuk menambah pengetahuan, keterampilan, serta kapasitas kader PKK dan pengelola organisasi wanita yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“Saat ini, kita masih berada pada masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 sehingga materi dalam seminar dan workshop ini sangat penting, strategis, dan relevan dengan kondisi dan situasi saat ini,” ujar Ketua TP PKK Sultra.

Dirinya berharap, para peserta bisa mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh dan penuh perhatian dari awal sampai selesai sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam peningkatan kapasitas setiap kader PKK.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua TP PKK kabupaten kota yang telah hadir dan berpartisipasi dalam peringatan HKG PKK ke-49 Tingkat Provinsi Sultra pada tahun 2021 ini,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page