Iklan Ramadhan Kominfo

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau saat membuka acara peringatan Hari Disabilitas

Pemkot Baubau Salurkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Reporter : Ardilan

Editor : Def

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau memberikan bantuan kepada penyandang kaum disabilitas yang ada didaerah itu. Pemberian bantuann itu untuk memperingati Hari Disabilitas Sedunia, di Aula kantor Wali Kota Baubau, Sabtu (15/12/2018) kemarin.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan, penyandang disabilitas tidak boleh diperlakukan berbeda dengan masyarakat umum lainnya. Menurut dia, warga disabilitas harus mendapat perlakuan yang sama.

“Penyandang disabilitas punya hak sama dengan semua manusia baik Hak Asasi Manusia (HAM) maupun hak sebagai warga negara,” ucap Tamrin dalam sambutannya.

Wali Kota dua periode itu meminta agar peringatan Hari Disabilitas dapat menjadi pendorongan semua pihak peduli dan perhatian kepada warga penyandang Disabilitas.

“Camat dan para lurah saya minta agar mendata secara detail penyandang disabiltas di wilayahnya masing-masing, agar semuanya bisa mendapat bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Baubau, Lia Amelia menambahkan, pihaknya mencatat ada 795 orang penyandang Disabilitas dengan kualifikasi miskin dan rentan miskin yang menjadi fokus penanganan pemerintah.

“Sebenarnya datanya itu lebih dari 795 orang tetapi untuk saat ini fokus pemkot pada 795 penyandang disabilitas itu karena mereka yang dianggap paling butuh perhatian,” tandasnya.

Di tempat sama, Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim menuturkan, legislatif akan mendukung rencana Pemkot untuk membantu penyandang disabilitas.

“Kami di Dewan akan dukung rencana pemerintah untuk warga penyandang baik anggaran maupun hal lain yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut dimeriahkan berbagai hal seperti pemeriksaan kesehatan dan konsultasi psikiologi, pameran hasil karya dari Sekolah Luar Biasa, penyerahan bantuan alat bantu bagi penyandang Disabilitas, Dialog membangun Baubau Inklusi dan Ramah Disabilitas, serta hiburan dari penyandang Disabilitas. (A)


Iklan kONAWE

error: Content is protected !!