Suasana penanaman bibit pohon

IKA SKMA Sultra bersama Masyarakat Tanam Pohon 1.200

Reporter : Hendrik B

Editor : Taya

KENDARI – Sebanyak 1.200 bibit dari berbagai jenis telah pohon ditanam Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA), Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan luas lokasi kurang lebih 1,2 hektar di Tahura Nipa Nipa, Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sabtu (16/3/2019).

Apps Mediakendari

Pohon yang ditanam meliputi pohon sengon, mahoni, jabon merah, cemara laut, gaharu papua, gmelina, jati, bungur, bitti, kuku, angsana, rambutan, dan durian.

Baca Juga :

“Penanaman pohon tersebut merupakan bukti kerja nyata bagi IKA SKMA Sultra sebagai Rimbawan Indonesia, dalam memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke 36 tahun 2019,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Gerbang Mas, Marthen Albert Gerungan, SP.

Hari Bhakti Rimbawan dengan mengangkat tema Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (Gerbang Mas) ini, kata Marthen A. Gerungan, dilakukan secara serentak seluruh anggota IKA SKMA di 34 Provinsi yang dikoordinir masing masing pengurus daerah IKA SKMA.

“Gerbang Mas ini bertujuan untuk menambah tutupan lahan dalam mencegah bencana banjir dan longsor, konservasi keanekaragaman hayati (Biodiversity), penyerapan karbon untuk mengurangi dampak global warming dan perubahan iklim, memulihkan kondisi lingkungan pada skala mikro, mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air bersih untuk kesejahteraan masyarakat melalui penanaman MPTS,” terangnya.

Baca Juga :

Marthen A. Gerungan berharap, semoga apa yang kita lakukan hari ini, menjadi contoh untuk menumbuhkan gerakan menanam pohon bagi generasi anak bangsa dan akan bermanfaat untuk lingkungan kita maupun masyarakat yang ada di sekitar hutan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pengurus Daerah/Cabang dan anggota IKA SKMA yang telah mempersiapkan hingga terlaksananya kegitan ini,” tutupnya.


Iklan HUT Konawe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!