Sekda Baubau (tengah) bersama Kadishub (kiri) dan Kadis Perindag (kanan) membahas persiapan pemkot untuk menyambut hari Lebaran. Foto : Ardilan/Mediakendari.com/A

Ini Persiapan Pemkot Baubau Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Reporter : Ardilan

Editor : Taya

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sejumlah persiapan menyambut hari Raya Idul Fitri 1440 H 2019 M diantaranya menyiapkan transportasi nyaman dan menjamin ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengungkapkan, pihaknya ingin daerah eks pusat Kesultanan Buton ini menjadi tempat atau ruang aktifitas yang nyaman bagi masyarakat Baubau dan daerah sekitaran dalam merayakan lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.

Untuk menjadikan tempat yang nyaman, kata dia, melalui Dinas Perhubungan Kota Baubau pihaknya sudah menyediakan transportasi darat, laut dan udara dengan pengelolaan yang baik agar yang mudik ke Baubau bisa merasakan pelayanan Pemerintah.

“Kita ingin masyarakat mendapat pelayanan yang baik selama mudik. Kami sudah bersiap dan semoga tak ada kendala,” ucap Roni Muhtar saat jumpa pers diaula kantor Wali Kota Baubau, Sabtu (1/6/2019).

Roni juga menerangkan, untuk ketersediaan pangan pihaknya dapat menjamin tersedia stok memadai. Bukan itu saja, dia mengaku pihaknya bahkan mampu menekan dan menstabilkan harga sembako.

Ditempat sama, Kadis Perindag Kota Baubau, Radjlun mengatakan, pihaknya tidak hanya melayani kebutuhan pokok untuk Wilayah Baubau saja sehingga diperlukan pemantauan kepada distributor dan para agen agar tidak terjadi penimbunan bahan pokok.

“Hanya bawang putih yang mengalami gejolak tapi kami sudah tekan harga sehingga tinggal 60 ribu per kilo. Itu salah satu dari beberapa langkah yang kami lakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Baubau, Idrus Taufiq Saidi menambahkan pihaknya sudah menempatkan petugas-petugas Dishub diposisi masing-masing jalur transportasi.

Menurut dia, untuk menjamin kelancaran ekonomi, dibutuhkan transportasi yang baik.

“Kita sudah tempatkan petugas-petugas kami dibeberapa lini sektor, mulai dari transportasi udara, laut dan darat serta untuk mengatasi macet kita juga sudah menyiapkan petugas di Pasar Tradisional,” pungkasnya. (a)

Iklan Balai PJN-XII Kendari
Iklan BLUD Konawe