Iklan Bombana
Ilustrasi

Khawatir Terserang ISPA Karena Debu, Warga Abeli Keluhan Aktivitas Truk

Reporter: Hendrik B

KENDARI – Warga di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari mengeluhkan aktifitas kendaraan yang melewati lingkungan mereka.

Pasalnya, akibat aktivitas lalu lalang ratusan truk dan kendaraan lainnya setiap hari, warga sekitar Abeli hari terkena imbas debu yang beterbangan kerumah warga.

iklan hps

Aktivitas kendaraan ini sendiri juga merupakan imbas pembangunan jembatan penghubung di jalan poros Moramo – Kendari.

Akibatnya, truk dan kendaraan berat lainnya harus melewati jalan alternatif via Jalan Pemuda Abeli Pudai, yang berada ditengah kawasan perumahan di Kelurahan Abeli.

Rumah milik Pak Udo di Kompleks Perumahan Hilwa Zaitun II, Kelurahan Abeli, Kecamatan Abeli, Kota Kendari yang terkena debu akibat lalu lalang kendaraan besar, Sabtu (07/09/2019) (Foto: Mediakendari.com/Hendrik B./A)

Tidak hanya, di satu jalur alternatif saja, truk juga melewati jalur lainnya di di Kompleks Perumahan Hilwa Zaitun II yang masih berada di dalam kawasan Kelurahan Abeli.

BACA JUGA:

Warga sendiri mengkhawatirkan dampak penyakit yang disebabkan debu akibat aktivitas kendaraan itu, salah satunya Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Salah seorang di Perumahan Hilwa Zaitun II, Udo saat ditemui mediakendari.com mengaku terganggu akibat debu tersebut. Bahkan, ia menduga anggota keluarganya telah terkena ISPA.

“Kami satu keluarga tidak bisa tidur karena debu itu, bahkan, kami satu keluarga sakit (batuk, red),” ungkapnya kepada mediakendari.com saat ditemui dikediamannya, Sabtu, (07/09/2019).

Warga lainnya di kompleks tersebut, Agus, juga mengungkapkan hal yang senada, bahwa dirinya merasa terganggu akibat debu tersebut.

“Kami batuk semua disini pak, tapi kasihan tetangga yang punya anak kecil juga harus menghirup polusi, ” singkatnya.

Bahkan saat Ia menunjukkan ruang tamu di rumahnya, nampak terlihat cukup parah karena seluruh furniture yang ada di ruang tamu tertutup debu, mulai dari meja, sofa, hingga dinding dan jendela. /B

Iklan BLUD Konawe
error: Content is protected !!