Iklan Ramadhan Kominfo

Warga saat mengurus kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja Baubau. Foto : Ardilan/Mediakendari.com/B

Kurangi Pengangguran, Disnaker Baubau Buka Bursa Lapangan Kerja

Reporter : Ardilan

Editor : Taya

BAUBAU – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mengurangi angka pengangguran di daerah itu, salah satunya dengan membuka Bursa Lapangan Kerja.

Iklan kONAWE

Kepala Disnaker Baubau, Zarta mengatakan, bursa lapangan kerja yang dibuka tersebut melibatkan sejumlah Perusahaan Swasta dan berkoordinasi ke Perhotelan dan Perbankan.

Selain itu, kata Zarta, pihaknya menyediakan layanan kartu pencari kerja atau AK 1 bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan.

BACA JUGA

“Sampai bulan Mei ini kami sudah menerbitkan kartu pencari kerja kepada 334 orang. Dari jumlah itu, tinggal 92 orang yang belum dapat kerja karena 242 orang lainnya sudah lulus PNS,” ucap Zarta, Rabu (15/5/2019).

Zarta menguraikan, pihaknya membuka layanan pencari kerja secara umum. Dia mengaku pencari kerja berasal dari latar belakang pendidikan yang beragam mulai Strata 2 (S2), S1, D3 hingga tamatan SMA.

Data tahun 2018 lalu, beber Zarta, tercatat jumlah pencari kerja mencapai 3.316 orang. Jumlah tersebut, terbagi atas laki-laki sebanyak 1.883 orang dan perempuan 1.433 orang.

“Mereka mengurus kartu pencari kerja untuk melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan yang ada di Baubau maupun di luar daerah,” tandasnya. (a)

error: Content is protected !!