Ketua Komisi I DPRD Kendari, Rizki Brilian Pagala Foto: MEDIAKENDARI.COM/Kardin/A

Pandangan Rizki Brilian Pagala Soal Visi Kendari Sebagai ‘Kota Layak Huni’

Reporter: Kardin
Editor : Kang Upi

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah fokus menjalankan visi kota layak huni dengan melakukan berbagai perbaikan pelayanan, infrastruktur serta sarana publik.

Terkait hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kendari, Rizki Brilian Pagala menjelaskan, sebagai kota berkembang, visi kota layak huni yang tengah digencarkan Pemkot saat ini sangatlah penting.

Iklan kodrat

Kota layak huni sendiri kata Rizki, telah dijalankan di beberapa negara lain yang bertujuan agar peradaban dibangun atas kebutuhan manusianya.

“Itu dibangun supaya masyarakat merasa lebih hidup dalam melakukan segala aktifitasnya. Seperti di Singapura misalnya, atau di Bandung kalau di Indonesia,” paparnya, Kamis (21/11/2019).

Baca Juga :

Kenyamanan manusia dalam kota layak huni dapat dirasakan dengan pelayanan pemerintahan yang baik atau kebijakan lainnya yang berdampak pada kenyamanan masyarakatnya.

“Jadi bukan soal padatnya kendaraan. Pemerintah saat ini juga sedang fokus terhadap ruang publik, bukan hanya infrastruktur saja,” jelasnya.

Ruang publik sendiri katanya, kini telah digenjot pembangunannya untuk kebutuhan masyarakat dan bersosialisasi dan relaksasi usai menjalankan segala kepadatan aktifitasnya.

“Ruang publik itu juga lebih dapat memasyarakatkan warga. Di situ orang bisa saling mengenal satu sama lain. Bisa menyegarkan kembali pikiran dari segala keruwetan aktifitasnya,” ujarnya.

Olehnya itu terangnya, visi kota layak huni haruslah didukung seluruh lapisan masyarakat agar berdampak baik kedepan. “Saat ini pemerintah sedang membangun dasarnya. Ke depan kita semua sudah bisa rasakan hasilnya,” pungkas Rizki. /A

Iklan Balai PJN-XII Kendari
Iklan BLUD Konawe