Kepala UPTB Samsat Kota Baubau, Edi Muthalib

Penerimaan Pajak Samsat Baubau Meningkat

Reporter: Ardilan

Editor: Deff

BAUBAU – Penerimaan pajak pada Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018 mengalami peningkatan.

“Target penerimaan pajak sebesar 30 milyar 780 juta rupiah lebih, realisasinya hingga per 14 Desember 2018 sudah mencapai 30 milyar 785 juta rupiah lebih. Artinya presentasenya melebihi dari target,” ucap Edi Muthalib ditemui diruang kerjanya, Senin (17/12/2018).

Kepala UPTB Samsat Kota Baubau, Edi Muthalib mengatakan, realisasi penerima pajak pihaknya melampaui target dari ditetapkan untuk tahun ini.

Tercapainya peningkatan target itu, kata Edi Muthalib, karena pihaknya intens melakukan razia bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Baubau, dengan menitik beratkan pada pemeriksaan pembayaran pajak kendaraan.

“Kita lakukan ini supaya para wajib pajak bisa menyadari atas kewajiban pajaknya sebab pajak itu akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan,” ujarnya.

Terkait sumber penerimaan pajak, Edi Muthalib menjelaskan, pendapatan berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor(PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor(T-PKB), dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Keempat item itu menjadi sumber pendapatan pajak yang didapat pihaknya.

“Pajak Kendaraan Bermotor dari target sebesar 9 milyar 916 Juta rupiah lebih, realisasinya kini sudah mencapai 11 milyar 913 juta rupiah lebih. Untuk BBN-KB dari target 19 milyar 462 juta, realisasinya sebesar 17 milyar 145 juta rupiah lebih,” bebernya.

“Sedangkan Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor dari target 1 milyar 168 juta, kini realisasinya sudah 1 milyar 209 rupiah lebih dan untuk denda PKB dari target 232 juta rupiah lebih, realisasinya sebesar 517 juta rupiah lebih,” tambahnya. (A)

Iklan HUT Konawe

error: Content is protected !!