Iklan Ramadhan Kominfo

Saat rapat penetapan besaran zakat fitrah tahun 1440 Hijriyah di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Rabu (15/5/2019). (Foto : Ruslan/Mediakendari.com/A)

PHBI Kota Kendari Usulkan Lima Kategori Zakat Fitrah

Reporter : Ruslan

Editor : Kang Upi

KENDARI – Panitia Penentuan Hari Besar Islam (PHBI) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kementerian Agama Kota Kendari menetapkan besaran zakat fitrah tahun 1440 Hijriyah.

Iklan kONAWE

Usulan besaran zakat fitrah ini diputuskan dalam rapat PHBI di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Rabu (15/5/2019).

Ketua Panitia PHBI Alamsyah Lotunani menjelaskan, berdasarkan putusan rapat, besaran zakat fitrah tahun 1440 H terbagi atas lima kategori yang disesuaikan dengan jenis konsumsi beras masyarakat.

Untuk beras terbaik sebesar Rp 37 ribu per jiwa, beras kepala atau super Rp 32 ribu perjiwa, beras ciliwung Rp 29 ribu perjiwa, beras dolog Rp 28 ribu perjiwa.

BACA JUGA :

Selanjutnya, untuk jagung, sagu dan ubi Rp 20 ribu perjiwa tambah infak Rp 10 ribu per kepala rumah tangga.

“Itu lah nanti akan kita usulkan ke Walikota Kendari, Insya Allah semua komponen sepakat tidak akan ada beruba lagi,” kata Alamsyah saat usai rapat PHBI, Rabu (15/5/2019).

Untuk pengumpulan, kata Alamsyah, yaitu ditempat penggumpulan zakat yang sudah di SK kan Badan Amil Zakat Nasional Kota Kendari,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Kendari Alimuddin menghimbau, masyarakat untuk mengeluarkan infak dari harta yang dimiliki selain zakat fitrah.

“Jadi setiap kepala keluarga mengeluarkan infak Rp 10 ribu per kepala rumah tangga,” pungkasnya. (B)

error: Content is protected !!