Kapolsek KP3, AKP Bayu Laras Tutuka

Polsek KP3 Baubau Siaga Arus Mudik Jelang Pergantian Tahun

Reporter : Ardilan

Editor : Indi

BAUBAU – Polsek Kesatuan Pengamanan dan Pengawasan Pelabuhan (KP3) Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) siap siaga melakukan pengamanan arus mudik jelang pergantian tahun.

Kapolsek KP3, AKP Bayu Laras Tutuka mengatakan, pihaknya bersiaga karena dipenghujung tahun ada dua momen yang cukup memicu peningkatan arus mudik khususnya dikawasan Pelabuhan Murhum yakni Natal dan Tahun Baru.

“Jelang natal dan tahun baru biasanya ada peningkatan arus mudik tetapi tidak seramai pada hari raya atau lebaran. Untuk pengamanan kita akan bersinergi dengan beberapa instansi terkait seperti TNI, Syahbandar, Pol-PP, Dinas Perhubungan, Bea Cukai dan karantina ikan,” ucap Bayu Laras kepada sejumlah wartawan di halaman Kantor Polsek KP3, Kamis (13/12/2018).

Pengamanan bersama lintas sektor itu, kata Bayu Laras, nantinya akan terpusat diruang tunggu Pelabuhan. Sebab, posko pengamanan akan dibangun ditempat itu.

“Informasi yang saya dapat posko pengamanan mulai dibangun pada tanggal 18 Desember 2018 kedepan. Tetapi untuk selesainya saya belum tahu karena saya masih monitor terus. Paling sebelum natal sudah jadi posko bersamanya,” ujarnya.

Hanya saja, untuk jumlah personel, dirinya belum mengetahui pasti karena itu berdasarkan ketentuan dari Polres Baubau.

“Yang jelas banyak pengamanan disini. Pos pengamanan kami juga ada di Pantai Kamali dan biasanya di gereja-gereja juga. Tahun lalu ada 10 pos tetapi tahun ini belum tahu berapa jumlah posnya,” bebernya.

Untuk arus mudik pergantian tahun nanti, pihaknya mewaspadai tindak kejahatan copet di Pelabuhan. Tetapi untuk pencegahan, pihaknya akan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.

“Kita melakukan pengamanan seperti biasa yaitu pengamanan tertutup dan terbuka. Pengamanan tertutup jelas setiap yang masuk ke Pelabuhan kita periksa. Orang-orang yang kami curigai seperti orang-orang yang naik ke kapal dan punya tiket tetapi tidak membawa barang seperti tas dan lainnya. Orang-orang seperti Itu yang akan kami curigai dan interogasi nanti karena biasa yang begitu adalah copet,” pungkasnya. (B)

Iklan HUT Konawe

error: Content is protected !!