Warga perumahan Grand Boulevard Regency (GBR) mengikuti Karnaval Kemerdekaan dalam rangkaian 'Halal Bihalal' Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (23/82019) sore. Foto : Mediakendari.com

Serunya ‘Halal Bihalal’ Kemerdekaan RI ke-74 Ala Warga Grand Boulevard Regency

Editor : Kang Upik

KENDARI – Halal bihalal merupakan tradisi yang identik dengan lebaran Idul Fitri atau idul Adha. Makna tradisi ini adalah untuk silaturahmi, saling mengenal dan persaudaraan.

Namun bagi warga perumahan Grand Boulevard Regency (GBR) yang berada di Kecamatan Kambu Kota Kendari ini ‘Halal bihalal’ tidak melulu soal lebaran, ketupat dan opor ayam. Halal bihalal juga bisa diwujudkan dalam bungkusan momen hari kemerdekaan.

Gagasan itulah yang diwujudkan warga GBR dalam gelaran ‘Halal Bihalal’ Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 yang dibuka secara resmi di Sarana Olahraga GBR, Sabtu (23/82019) sore.

Karnaval Kemerdekaan menjadi agenda pembuka kegiatan, yang rencananya akan digelar selama dua hari, yakni mulai 23 – 24 Agustus 2019 dengan sejumlah item lomba olahraga dan seni antar warga.

Pada agenda Karnaval Kemerdekaan, ratusan warga terlibat untuk menyusuri jalanan didalam kawasan perumahan GBR. Berbagai penampilan kostum unik hingga ala pejuang 45 menambah semaraknya suasana iring – iringan warga.

Ketua Panitia Kegiatan, Eva saat ditemui mediakendari.com menjelaskan, ‘Halal Bihalal’ Kemerdekaan RI ke-74 ini merupakan agenda yang pertama kalinya digelar di perumahan GBR.

BACA JUGA :

Menurutnya, ide gelaran ini datang dari warga setempat, yang juga dikelola secara swadaya dan gotong royong dari warga sendiri untuk menyemarakan momen hari kemerdekaan.

“Idenya datang dari warga sendiri, malah persiapanya baru seminggu lalu, dan alhamdulillah dengan kekompakan warga, agenda ini bisa terlaksana,” kata Eva.

Evi yang juga merupakan warga GBR ini juga menjelaskan, bahwa agenda halal bihalal ini akan dijadikan program rutin setiap tahun untuk meramaikan hari kemerdekaan.

“Rencana kita akan jadikan program rutin warga setiap bulan Agustus, selain untuk merayakan kemerdekaan juga untuk meningkatkan keakraban antar warga,” ujarnya.

Ia berharap, warga yang baru menempati perumahan GBR ini bisa saling mengenal dan terbentuk kebersamaan dengan gelaran acara ini.

“Kami berharap, warga yang sebelumnya tidak saling kenal bisa saling mengenal satu sama lain, dan terjalin kebersamaan dan kekeluargaan yang bisa terpelihara,” tambahnya.

Atas penyelenggaraan kegiatan ini, salah seorang warga yang ditemui mediakendari.com, Sartika menuturkan, jika lomba ini sangat positif untuk membentuk kekeluargaan diantara warga.

Menurutnya, warga di GBR memiliki latar belakang profesi dan pendidikan serta aktifitas berbeda, sehingga di momen hari biasa cukup sulit mempertemukan semuanya.

“Dengan kegiatan ini, mungkin warga yang selama ini tidak punya momentum untuk saling sapa akhirnya bisa saling bertemu, dan akhirnya terbentuk rasa kekeluargaan,” ujarnya.

Ia sendiri mengikuti berbagai lomba untuk turut menyemarakan agenda ini, seperti lomba memasak, karnaval dan sejumlah lomba lainnya.

“Ini momen yang cocok untuk seru-seruan dengan para tetangga, dan warga lainnya. Apalagi ini setahun sekali, jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari panitia, lomba yang digelar yakni, panjat pinang, yel-yel, tangkap bebek, lari karung, futsal, memasak, domino, karaoke, catur, tarik tambang dan masih banyak lagi.

Lomba ini sendiri digelar bukan hanya untuk anak-anak dari warga GBR, tapi juga dewasa, emak-emak hingga para bapak.

error: Content is protected !!