Bupati konsel saat menerima DIPA dari Gubernur Sultra Ali Mazi.

Terima DIPA Rp 1,2 Triliun, Ini Fokus Penganggaran Bupati Konsel

Reporter: Erlin.

Editor: Kang Upik

KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Dana Transfer Daerah serta Dana Desa sebesar Rp.1.270.895.530.000.

Dana ini merupakan bagian dari total pagu DIPA yang dialokasikan ke Provinsi Sultra sebesar Rp.24.189.683.802.000, untuk tahun anggaran 2019.

DIPA tersebut diserahkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi kepada Bupati Konsel, H.Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Sjarif Sajang di Hotel Claro Kota Kendari, Jum’at (14/12/2018).

Ditemui mediakendari.com, Surunuddin Dangga menjelaskan, bahwa dokumen tersebut merupakan dasar dari pelaksanaan anggaran yang akan digunakan sebaik-baiknya untuk pemerataan pembangunan demi kesejahteraan rakyat.

Dari dana tersebut, Pemda Konsel akan mengkhususkan penganggaran di bidang kesehatan, pendidikan, penyediaan rumah layak huni, serta penciptaan lapangan kerja untuk menurunkan angka kemiskinan.

“Dokumen ini akan kita serahkan secepatnya ke tiap Satuan Kerja Desember ini, agar program kerja yang tercantum di dalamnya bisa berjalan awal Tahun 2019 nanti, yang juga bertujuan untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” papar Surunuddin.

Dikesempatan tersebut, Gubernur Sultra Ali Mazi mengungkapkan, sesuai arahan Presiden, seluruh aparatur pemerintah harus menjaga amanah setiap rupiah anggaran yang dikumpulkan dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Selain itu, ia juga berpesan agar dimanfaatkan untuk kegiatan yang memberikan nilai tambah kepada pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Olehnya itu, saya himbau kepada Pemda dan Pemkot agar meningkatkan upaya untuk mengamankan APBD dari kebocoran dan penyalahgunaan secara konfrehensif,” jelasnya.

Ali Mazi juga menekankan agar anggaran tersebut dapat mulai digunakan pada awal tahun, agar fungsi APBD sebagai stimulus ekonomi di daerah dapat berjalan.

“Serta lakukan efiesiensi daya dan jasa, serta lakukan perjalanan dinas jika penting atau mendesak saja,” ujarnya.

Efisiensi tersebut, lanjutnya, untuk merealisasikan visi Pemprov Sultra yakni sejahtera, aman, adil merata, demokratis serta maju berkembang secara berkelanjutan di era transparansi global, guna mendukung pembangunan kebudayaan dan peradaban bangsa dan NKRI.

Serah terima DIPA ini juga disaksikan Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Kanwil Provinsi Sultra, Ririn Kadariyah.

Penandatanganan DIPA didahului dengan penandatanganan pakta integritas antara Gubernur dan Bupati/Walikota serta Pimpinan Lembaga Vertikal. Pada fakta integritas tertulis sumpah dan janji untuk melaksanakan seluruh alokasi dana dengan sebaik-baiknya.

Penyerahan DIPA tersebut, bersamaan dengan 17 Bupati/Walikota se-Sultra, dan Korem 143/H0, Lanal Kendari, Lanud HO, Kanwil Kemenag, Dinas Perkebunan dan Holtikultura, SNVT Pembangunan Bendungan, Rorena Polda, Kampus IAIN, Pelabuhan Perikanan, Bandara, serta LPMP. (b)

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: