Wakasal bersama rombongan saat meninjau Dermaga AL Kendari. (Foto : Rahmat R/Mediakendari.com/A)

Wakasal Tinjau Pembangunan Dermaga TNI AL di Teluk Kendari

Reporter : Rahmat R.

Editor : Kang Upi

KENDARI – Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal), Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. meninjau lokasi pembangunan Dermaga dan Markas Komando (Mako) TNI Angkatan Laut (AL) di Teluk Kendari, Kamis (13/07/2019).

Dalam kunjungannya ini, Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. mengungkapkan bahwa dirinya berharap pembangunan Dermaga dan Mako AL bisa selesai di tahun 2019 ini.

Menurutnya, Dermaga dan Mako AL merupakan sarana strategis untuk kepentingan TNI AL di Sultra, khususnya untuk sandarkan kapal AL.

“Harapan kami semua selesai tahun ini, khususnya Dermaga karena sangat strategis untuk kapal-kapal laut AL bisa sandar di sini,” ungkap Jendral Bintang Tiga ini.

Ia juga menjelaskan, jika pembangunan telah diselesaikan maka Mako lama akan pindah ke Mako baru, Sedangkan Mako lama yang berada di Kelurahan Matta, Kota Kendari, rencananya akan dijadikan RS AL.

“Terima kasih ke Dishub Sultra Bapak Hado Hasina beserta jajarannya dan terutama terimakasih kepada Pemerintah Sultra atas kerjasamanya,” tukasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kadis Perhubungan Sultra, Hado Hasina mengatakan bahwa dana yang akan dihabiskan untuk pembangunan Dermaga dan Mako AL diperkirakan mencapai Rp 71 miliar.

“Dana yang kami siapkan adalah Rp 75 miliar yang bisa direalisasikan Rp 71 miliar,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan jika pembangunan Mako dan Dermaga AL bakal dituntaskan pada tahun anggaran 2019 ini.

“Untuk Dermaga AL ukuran 160 meter x 80 meter tahun ini sudah bisa diselesaikan. Karena ini komitmen bersama Angkatan Laut, bisa terealisasikan tahun ini, yang paling urgen adalah Dermaga dan Mako AL,” ujarnya.

Turut hadir dalam peninjauan ini Kadisfaslanal: Laksma TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., Kabagset Wakasal: Mayor Laut (P) Yan Ahmadi, ADC Wakasal: Letda Laut (P) Kevin H.R.

Selain itu turut hadir juga Komandan Pangkalan Angkatan Laut Kendari (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna serta beberapa pejabat eselon III dan IV di Dinas Perhubungan Sultra. (A)