BREAKING NEWSKendariPROV SULTRA

Mewakili Pj Gubernur, Sekda Sultra Asrun Lio Membuka Musda ke XI Gerakan Pramuka Sultra

602

KENDARI, Mediakendari.com – Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol (P) Dr (H.C) Andap Budhi Revianto.,S.I.K.,M.H, Sekda Sultra, Drs. H Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Musda ke XI Gerakan Pramuka Sultra Tahun 2024, Sabtu, 20 Juli 2024, di Kendari.

 

Sekda Sultra, Drs. H Asrun Lio, M.Hum,Ph.D mengatakan, gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang bertugas mendidik generasi muda, untuk menjadi generasi terampil dan berkarakter.

 

Ia menuturkan, ditengah tantangan era globalisasi, gerakan Pramuka menjadi salah satu harapan Pemerintah untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman negatif.

 

“Oleh karena itu, dengan adanya UU Nomor 12 Tahun 2010 sebagai landasan hukum gerakan Pramuka, maka Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kewajiban moril dan materil mendukung segala aktivitas pendidikan kepramukaan,” jelasnya.

 

Lanjut Asrun Lio mengungkapkan, tantangannya adalah tidak semua Kepala Daerah selaku Ketua Mabida atau Mabicab, memiliki pemahaman, kepekaan atau kepedulian terkait pentingnya pendidikan kepramukaan dalam membentuk keterampilan dan karakter anak didik.

 

Asrun Lio juga menyampaikan komitmen Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto bahwa dalam kepemimpinannya akan tetap bertekad melakukan yang terbaik untuk gerakan Pramuka.

 

Ia menambahkan, melalui momentum Musyawarah Daerah tersebut, Pj. Gubernur meminta kepada para peserta agar memberikan rumusan yang terbaik untuk rencana kerja gerakan Pramuka Sultra ke depan.

 

“Pj.Gubernur telah memberikan instruksi kepada Sekda Sultra, dalam hal ini saya sendiri untuk mengawal langsung kebijakan ini bersama- sama dengan jajaran Pengurus Kwarda yang akan disusun nantinya,” tuturnya.

 

Ia pun berharap, melalui dukungan Pemerintah Provinsi, Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang se Sultra dapat lebih produktif menyajikan program kegiatan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pendidikan karakter itu sendiri.

 

Lebih lanjut Asrun Lio mengungkapkan bahwa Pj. Gubernur juga meminta para Bupati dan Walikota untuk memberi perhatian penuh kepada Kwartir Cabang masing- masing, yang lebih penting perhatian dan dukungan ke gugus depan yang berpangkalan di satuan pendidikan formal, karena disitulah anak- anak dibina dan dididik langsung keterampilan dan pengetahuannya.

 

“Demikian pula pembinaan satuan karya, para pimpinan OPD dan instansi vertikal memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama terhadap pembinaan kepramukaan di instansi masing-masing,” terangnya.

 

Menurut Asrun Lio, jika dukungan Pemerintah sudah berjalan, harapan sumber daya manusia pembina dan pelatih harus memenuhi kebutuhan standar kurikulum pendidikan kepramukaan itu sendiri, termasuk sumber daya pengelola kwartir, pengurus gerakan pramuka di semua tingkatan harus memiliki tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi, karena ditangan mereka akan tercetak insan- insan pramuka yang unggul.

 

“Kepada Kakak Irawan Laliasa, Ketua Kwartir Daerah Sultra masabakti 2013-2018 dan 2019-2024 beserta seluruh jajaran pengurus, saya atas nama Pemerintah Provinsi Sultra menyampaikan apresiasi kepada kakak atas dedikasi dan pengabdian kepada gerakan Pramuka Sultra selama sepuluh tahun, disertai harapan kiranya kak Irawan dapat terus berkarya dan mengabdi kepada Daerah yang kita cintai,” ucapnya.

 

Ia melanjutkan, kepada Ketua Kwarda terpilih, diharapkan dapat lebih mengembangkan gerakan Pramuka Sultra ke arah yang lebih baik, lebih maju dan lebih berkontribusi bagi pembangunan Daerah Sultra dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan berpegang teguh pada satya dan darma pramuka.

 

Sebelum membuka Musda tersebut, Asrun Lio terlebih dahulu mengawali sambutannya dengan syair pantun “Kembang sepatu, bunga melati

Mekar indah dipetik panji

Jangan mengaku pramuka sejati

Bila tidak menepati janji. Pohon berangan tempat bertemu

Girangmya rasa si anak dara

Anak pramuka pulang membawa ilmu

Binalah bangsa bangunkan negara”.

 

Kegiatan tersebut, turut dihadiri diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sultra, Pimpinan OPD terkhusus yang memiliki satuan karya pramuka atau yang mewakili, para Bupati dan Walikota selaku Ketua Mabicab se Sultra atau yang mewakili, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sultra masabakti 2019-2024 beserta seluruh jajaran, para Ketua Kwarcab se Sultra, Kakak- kakak pembina, pelatih, pamong, instruktur saka, adik- adik dewan kerja, serta berbagai pihak terkait lainnya dan para peserta Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka ke-11 tahun 2024.

 

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version