oleh

MI Al-Mu’minin Kendari Siap Bersaing di Kompetisi Robotik Tingkat Nasional

KENDARI – Tim Robotik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Mu’minin Kendari mengaku siap mengikuti kompetisi Robotik tingkat Nasional yang akan digelar di Depok Town Square, Jawa Barat (Jabar) pada 3-4 November 2018 mendatang. Hal ini dikatakan, Kepala Sekolah MI Al-Mu’minin Kendari, Nurlaili Muhlis, Jumat (26/10/2018).

Menurutnya, untuk mengikuti kompetisi anak didiknya telah melakukan persiapan yang cukup matang, dengan menyiapkan rumah rancang bangun mesin otomatis bencana untuk diadu dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kata dia, siswanya tidak hanya aktif pada saat kompetisi saja, melainkan kegiatan pembuatan robotik ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler pilihan di MI Al-Mu’minin Kendari.

“Event Robotik diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kementrian Agama, sehingga kami selalu memantau kompetisi robotik ini melalui website pusat,” terangnya kepada Mediakendari.com.

Dikatakannya, untuk bisa tampil di kompetisi Robotik tingkat nasional, anak didiknya harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, seperti pengiriman makalah, proposal dan juga video robot yang dibuat.

“Untuk tingkat MI, ada 33 sekolah di Indonesia yang mengirim kriteria-kriteria lomba, padahal sekolah yang akan lolos hanya 20 sekolah saja. Dan MI Al-Mu’minin Kendari berhasil lolos bersama 19 sekolah lainnya,” tuturnya.

Pembina peserta pembuatan robotik MI Al-Mu’minin Kendari, Nur Fajriah Muhlis menambahkan, sebelum tema rumah rancang bangun mesin otomatis bencana diangkat dalam kompetisi robotik, anak didiknya berencana membuat sebuah alat yang bisa membantu manusia dalam beraktifitas. Namun diurungkan, sehingga mereka terpikirkan membuat sebuah minatur rumah anti banjir.

“Kegiatan pembuatan robotik ini harus dilakukan sejak dini, sehingga dapat menambah kemauan siswa dalam membuat sebuah rancangan dalam membantu manusia. Dan hasilnya, kami mewakili Sultra dalam kompetisi Robotik tinkat nasional yang akan dilaksanakan pada awal bulan November,” tutupnya.

Redaksi


Terkini