oleh

Milad KNPI, Ajang Refleksi Pemuda

MEDIAKENDARI.COM – Hari lahir Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang jatuh pada 23 Juli 2018, merupakan hari besar untuk pemuda, tepat untuk ajang refleksi perjuangan kepemudaan. Generasi muda penerus dan pelanjut estafet kepemimpinan, harus lebih siap dan fokus untuk mengisi pembangunan masa depan bangsa.

Sebagai Pemuda Indonesia, harus tetap memupuk dan mengkonsolidasi kembali semangat juang yang diwariskan pemuda terdahulu sebagaimana dalam Deklarasi Pemuda 23 Juli 1973, telah dikatakan bahwa “Generasi muda, pembanguan dan masa depan adalah satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan”.

Hari lahir ini juga merupakan saat yang tepat untuk meluruskan pemahaman pemuda akan dinamika yang terjadi pada organisasi kepemudaaa saat ini, termasuk pemahaman akan adanya dualisme di tubuh KNPI. Sesungguhnya hal ini sudah harus tuntas kita luruskan bersama bahwa KNPI berdasarkan deklarasi pemuda 1973 itu hanyalah satu yakni KNPI yang diketuai oleh Bung Rifai Darus.

Kita pemuda indonesia yang bernalar sehat jangan lagi terkungkung pada persoalan tersebut. Jika tidak wadah berhimpun kita hanya akan menjadi tempat seremoni tanpa makna, tak akan fokus membuat perubahan apa pun bagi bangsa dan negara ini.

Sebagai generasi muda di era saat ini, sangat tepat menurut saya untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan karya nyata untuk pembangunan bangsa, apalagi saat ini pemuda menghadapi pileg 2019, kesemptan pemuda tentu di momen ini untuk masuk memperbaiki negeri ini melalui parlemen.

Selamat Milad KNPI ke 45. 23 Juli 1973 – 23 Juli 2018.


Penulis: Jayadin La Ode, SH., MH (Wakil Ketua ESDM KNPI Sultra, Korda KNPI Wakatobi)

Terkini