FEATUREDPENDIDIKAN

Minim Ruang Perkuliahan, Mahasiswa UHO Gelar Unjuk Rasa

369
×

Minim Ruang Perkuliahan, Mahasiswa UHO Gelar Unjuk Rasa

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Ratusan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) berunjuk rasa di depan gedung fakultas mereka pada Kamis pagi (9/11/2017).

Mahasiswa menuntut perbaikan fasilitas perkuliahan kepada pihak birokrasi kampus. Fasilitas tersebut diantaranya adalah penambahan ruang perkuliahan dan kursi.

Rimon Fatrah selaku Koordinator Lapangan dari unjuk rasa ini menyatakan keprihatinannya dengan kondisi yang ada di FISIP UHO saat ini. Ia mengatakan FISIP merupakan salah satu fakultas tertua di UHO yang memiliki lulusan terbaik namun saat ini kondisinya memperihatinkan.

“FISIP UHO ini adalah salah satu fakultas tertua di kampus ini. Memiliki alumni yang sukses di luar kampus, tetapi ada hal-hal yang sangat urjen yang harus diselesaikan khususnya masalah fasilitas,’ ucap Rimon dalam orasinya.

Rimon juga mempertanyakan peruntukan Uang Kuliah Tunggal yang selama ini mereka bayar. Pasalnya, selama ini mereka telah menunaikan seluruh kewajiban mereka. Namun, apa yang menjadi hak mereka, selalu saja diabaikan oleh pihak kampus.

“Dari beberapa tahun yang lalu sampai tahun 2017 sekarang, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi bahkan seluruh FISIP masih terlunta-lunta mencari kursi dan ruang perkuliahan, sementara kewajiban kami sebagai mahasiswa sudah terpenuhi namun hak kami sampai sekarang belum sepenuhnya terealisasi, yang menjadi pertanyaannya dikemanakan uang SPP/UKT kami,” ujar Rimon.

Aksi mereka berlajut hingga di Gedung BAAK dan diterima oleh Wakil Rektor III UHO, Nur Arafah dan menyampaikan apa yang menjadi tuntutan mereka kepada pejabat birokrasi kampus.

Sementara itu, Nur Arafah di depan para demonstran mengatakan persoalan sarana perkuliahan sejatinya bukan hanya terjadi di FISIP, namun juga di banyak fakultas di UHO.

“Masalah ini bukan hanya di FISIP saja tapi banyak fakultas juga mengalami,” ucap Nur Arafah.

Dirinya juga menambahkan jika persoalan tersebut telah disampaikan kepada Rektor UHO, Muhammad Zamrun dan berjanji dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan rapat membahas hal tersebut.

“Jelasnya Tuntutan kalian sudah masuk. Saya sudah beritahu Dekan FISIP dan Rektor. Kami akan mengudang semua Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Jurusan, kami akan mengatur jadwal rapat untuk membahas masalah ini,” pungkasnya.

Reporter: Ruslan
Editor: Ronal Fajar

You cannot copy content of this page