NEWS

MTQ Konawe Selatan Digelar Mei, Kabag Kesra : Pesertanya Anak Lokal

1318
×

MTQ Konawe Selatan Digelar Mei, Kabag Kesra : Pesertanya Anak Lokal

Sebarkan artikel ini
Kabag Kesra setda Konsel Hamlin S Ode Maka

KOMAWE SELATAN – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) rencananya bakal digelar Mei 2022 mendatang di gedung Islamic Center Andoolo dengan pesertanya akan diikuti oleh perwakilan 25 Kecamatan dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Hamlin S Ode Maka mengatakan tahun ini kegiatan MTQ tetap akan  dilaksanakan. Namun kegiatan tersebut bakal digelar secara terbatas. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Pembukaan MTQ rencananya dilaksanakan setelah lebaran idul fitri,” kata Hamlin saat diwawancarai Mediakendari.com Selasa,12 April 2022.

Baca Juga : Genjot Penanganan Stunting, TP PKK Kendari Kembali Adakan Program Dahsat

Hamlin menjelaskan MTQ yang akan dilaksanakan mei mendatang bertujuan  untuk menyeleksi qari-qariah yang berpertasi, yang nantinya akan mewakili Konsel ke ajang MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Jadi dari pelaksanaan MTQ ini tujuannya untuk menjaring peserta yang nantinya akan mewakili kabupaten Konsel di ajang MTQ tingkat Provinsi dan Nasional,” jelasnya.

Namun yang menjadi poin penting, lanjut Hamlin, bakal diprioritaskan anak-anak lokal Konsel sebagai perserta lomba di MTQ mendatang. Untuk itu, ia meminta kepada Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pondok Pesantren yang ada di Konsel untuk bekerja sama dalam menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba. Setelah seleksi pihaknya akan melakukan karantina atau Traning Center (TC) untuk mewakili kurang lebih 30 cabang yang akan diperlombakan di MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional.

Baca Juga : LPP Kelas III Kendari Semarakkan HBI ke-58 dengan Vaksinasi Booster

“Kenapa kami inginkan anak lokal Konsel karena selama ini para peserta di impor dari luar dengan membawah nama konsel untuk mewakili MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional. Namun setelah berhasil mereka pulang membawa prestasi tetapi tidak ada bekas. Sebab, mereka bukan asli Konsel,” kata Hamlin.

Karena kedepan nanti, beber Hamlin, para peserta yang berprestasi mengharumkan nama daerah akan diberi reward berupa tiket perjalanan umrah.

“Kami akan datangkan para pelatih yang berpengalaman yang perna berpertasi di ajang MTQ tingkat Nasional serta didampingi oleh para dewan hakim,” tutup Hamlin.

Penulis : Erlin

 

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page