oleh

MTQ XV Kolaka Utara 2021 Dibuka, Panitia Tambah Dua Kategori Lomba

-NEWS-124 dibaca

Reporter: Pendi

KOLAKA UTARA – MTQ XV Kolaka Utara tahun 2021 resmi dibuka Bupati Nur Rahman Umar di Kecamatan Lasusua pada Senin, 15 Februari 2021.

Lomba yang bakal berlangsung sejak 15 hingga 18 Februari 2021 ini akan melombakan musabaqah tilawatil Qur’an anak-anak, remaja, dan dewasa dengan jumlah 55 peserta.

Kemudian musabaqah hifzil Qur’an penghafalan Qur’an golongan 1, 5, 10, 20, dan 30 juz dengan jumlah 91 peserta. Lalu musabaqah tafzil Qur’an golongan tafsir bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab dengan jumlah 16 peserta. Musabaqah qiraatil Qur’an tartil dengan jumlah 30 peserta.

Panitia juga memasukkan lomba baru, yakni hifzil hadits dengan hafalan 100 hadits bersanat dan 500 hadits tanpa sanat dengan jumlah 16 peserta. Secara keseluruhan peserta lomba ini berjumlah 208 orang.

Nur Rahman Umar dalam sambutannya berharap pelaksanaan MTQ yang setiap tahun dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan maupun kualitas dari pesertanya.

Meskipun pelaksanaan MTQ kali ini berbeda dengan sebelummya karena pandemi COVID-19, Nur Rahman Umar berpesan agar para peserta tidak terpengaruh dari sisi semangat.

“Karena pasca ini, kita akan melaksanakan MTQ tingkat provinsi dan pusat. Semoga ada peserta kita yang bisa lolos pada tingkat pusat dan tentunya bagi peserta MTQ tahun ini kita akan berikan reward bagi yang berprestasi,” katanya.

Kepala Depag Kolaka Utara, Muhammad Kadir Azis mengatakan, pelaksanaan MTQ tahun ini memiliki arti penting karena akan melahirkan kader, qori, hafidz, murattil, mufassih, hufas yang berkualitas di Kolaka Utara.

“MTQ tahun ini ada tambahan jenis lomba yang sudah 2 tahun lalu diperlombakan pada STQ di Pontianak, yaitu kategori hafalan 100 hadits beserta sanatnya dan hafalan 500 hadits tanpa sanatnya,” terangnya.

Ketua Panitia MTQ XV Kolaka Utara, Ashar mengatakan kegiatan kali ini diikuti 15 kecamatan. Untuk tempat pelaksanaan, disiapkan 3 lokasi lomba yakni di Masjid Agung Kolaka Utara sebagai arena utama, Masjid Nurul Al Hilal, dan di Masjid Al Ikhlas. (b)

Terkini