oleh

MTsN 1 Kendari Mengaku Bangga Ikut Kompetisi Robotik Tingkat Nasional

KENDARI – Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku siap menampilkan yang terbaik dalam kompetisi robotik tingkat Nasional yang akan digelar di Depok Town Square, Jawa Barat (Jabar) pada 3-4 November 2018 mendatang, yang diselenggarakan Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Dalam rangka menghadapi kompetisi yang digelar setiap tahun itu, Tim Robotik MTsN 1 Kendari akan menampilkan robot rancang Bangun mesin otomatis penagulangan bencana. Pembina Tim Robotik MTsN 1 Kendari, Hidayatih Pausiah mengatakan, pada event tersebut peserta didiknya telah menyiapkan robot dengan alat-alat cangih sesuai dengan apa yang menjadi kriteria panitia.

“Kami tentunya sangat bangga karena bisa ikut kompetisi nasional ini, dan kami selaku wakil dari Sultra akan berusaha memberikan yang terbaik nantinya bisa membanggakan Sultra dan sekolah kami tentunya,” terangnya, Sabtu (27/10/2018).

Dikatakannya, robot yang akan ditampilkan dalam kompetisi nantinya sudah dirancang, dan sementara robot tersebut masih disimpan di Laboratorium Universitas Halu Oleo (UHO) Sultra. Karena pembinaan, mulai dari memprogram robotnya, hinga pengrakitannya dan tata cara pengunaanya dilakukan di UHO.

“Robot rancang Bangun mesin otomatis penagulangan bencana memperlihatkan sebuah bangunan yang memiliki tembok multifungsi. Seperti, apabila terjadi banjir besar maka dindingnya secara otomatis akan naik menjadi penahan air,” paparnya.

Hidayatih berharap, pada kompetisi robotik tingkat nasional anak didiknya dapat menimbah ilmu selama mengikuti kegiatan nasional tersebut.

“Kita target supaya bisa masuk 10 besarlah, dan kami rasa iru sudah cukup. Apalagi, MTsN 1 Kendari ini baru pertama kalinya mengikuti kegiatan Robotik tingkat Nasional,” tutupnya.

Redaksi


Terkini