NEWS

Mudah Tergenang, TNI Buatkan Drainase untuk Desa Sangia Arano

312
×

Mudah Tergenang, TNI Buatkan Drainase untuk Desa Sangia Arano

Sebarkan artikel ini
Ketgam : Prajurit Kodim 1413 Buton dan warga desa Sangia Arano gotong royong membangun Drainase. Foto : Dokumentasi Kodim 1413 Buton.

Penulis : Ardilan

BUTON – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1413 Buton ke-110 di Kabupaten Buton mulai membangun saluran air atau drainase di Desa Sangia Arano Kecamatan Lasalimu Selatan.

Pembangunan drainase sepanjang 200 meter itu untuk mencegah wilayah Desa Sangia Arano tergenang air atau bahkan banjir saat musim hujan atau turun hujan. Sebab, desa tersebut terbilang sebagai salah satu desa yang mudah tergenang.

Dandim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan mengungkapkan yang menjadi fokus perhatian TMMD kali ini adalah infrastruktur dasar yang salah satunya adalah pembangunan drainase.

“Salah satu program fisik kami di Desa Sangia Arano adalah membangun drainase,” ucap Letkol Arif Kurniawan, Sabtu 06 Maret 2021.

Letkol Arif mengatakan TMMD tak sekedar menyasar kegiatan fisik, namun kegiatan non fisik pula sesuai arahan dari Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangeruka.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sangia Arano, Arman Kando mengapresiasi kehadiran prajurit TNI Kodim 1413 Buton di desanya. Pasalnya, kehadiran tentara menjadi semangat untuk warganya menuntaskan persoalan genangan air yang kerap menimpa desa itu.

“Desa kami cukup rawan banjir kalau hujan lebat. Disini baru rintik saja sudah becek,” katanya.

Ia juga mengakui, warga desanya yang aktif membantu bukan hanya dari kaum Adam atau laki-laki tetapi juga dari kaum Hawa atau ibu-ibu desa yang membantu menyiapkan makanan santap siang.

You cannot copy content of this page