oleh

Musrembang 2019, DPRD Konsel Usul Penambahan Tenaga Medis

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Menyampaikan pokok pikiran dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembang), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) usulkan peningkatan pelayanan dan penambahan tenaga medis dan paramedis hingga ke desa. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo di ruang kerjanya usai Musrembang, yang digelar di Aula Bappeda, Kamis, (4/4/2019).

Selain tenaga medis, kata Irham perlu juga dilakukan penambahaan dan peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga pengajar, pemberian beasiswa bagi masyarakat tidak mampu dan berprestasi, mendorong ASN untuk meningkatkan SDM melalui pelatihan dan melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, pendirian perguruan tinggi sekaligus dalam usaha mewujudkan Konsel sebagai Kota Pendidikan.

Untuk bidang ekonomi kerakyatan, lanjut Irham pihaknya menegaskan perlunya update data penerima beras miskin, yang jatahnya sudah tidak sesuai dengan jumlah masyarakat penerima, dan menumbuh kembangkan minat petani yang semakin berkurang, dengan melakukan bimbingan, penyuluhan dan memberikan bantuan sarana dan prasarana, mengoptimalkan Bumdes yang telah didirikan,dan rahabilitasi dan penambahan kebun-kebun rakyat serta pendataan secara akurat rakyat miskin sesuai standar yang berlaku.

“Termasuk pemberian pelatihan terhadap pelaku adat dan budaya sebagai salah satu daya tarik wisata sekaligus pelestarian budaya di Konsel, juga lebih memperhatikan pengelolaan Dana Desa yang harus lebih transparan dengan memberikan bimtek kepada aparatur Desa,” jelasnya.

Irham juga mengungkapkan, untuk mensuksesan usulan dewan tersebut pihaknya akan mengawal dan mendukung keseluruhan program kerakyatan yang jadi prioritas Pemda demi kesejahteraan masyarakat luas untuk mendorong terciptanya Desa Maju Konsel Hebat sesuai yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Baca Juga :

“Untuk Mendorong terciptanya Desa Maju Konsel Hebat, DPRD akan terus mengawal program yang menjadi prioritas Pemda untuk kesejahteraan Masyarakat Konsel,” tutupnya. (B)

Terkini